Tips Solo Traveling yang Aman untuk Perempuan

Tips Solo Traveling yang Aman untuk Perempuan

Tidak ada satupun alasan yang bisa menghalangi niat travelingmu. Bahkan jika Kamu seorang perempuan sekalipun yang ingin melakukan solo traveling. Kamu bisa coba traveling ala film Trinity yang nekad traveling dengan budget pas-pasan. Ayo, ubah mindset Kamu tentang solo traveling yang menyeramkan menjadi solo traveling yang menyenangkan dan tentunya tidak akan pernah terlupakan.

Bagi Kamu yang ingin melakukan solo traveling, ada baiknya untuk mempelajari dan menerapkan tips aman solo traveling. Berikut ini adalah tips solo traveling untuk perempuan menurut situs travelbos.co.id. Dijamin traveling Kamu akan asyik dan terkenang sepanjang masa.

Tips Solo Traveling untuk Perempuan

  1. Siap sedia kuota akses internet

Di era serba digital ini akses internet memiliki manfaat yang berjibun. Internet bisa menolong Kamu pada berbagai macam kondisi. Misalnya, ketika Kamu ingin memantau rute taksi maupun kendaraan umum lainnya seorang diri. Selain itu, fasilitas maps juga akan sangat membantumu dalam menunjukkan lokasi dimana Kamu berada.

Bagi Kamu yang ingin solo traveling ke luar negeri, maka bisa menyewa wifi router agar tetap dapat menikmati akses internet. Kamu juga bisa berlangganan paket data roaming. Namun, jika Kamu tidak suka ribet maka ada baiknya untuk membeli kartu SIM lokal daerah tersebut.

  1. Jaga komunikasi dengan orang terdekat

Sudah punya akses internet? Jangan lupa untuk selalu memberi kabar pada orang terdekat. Beri kabar rutin pada orangtua, teman dan kerabatmu agar mereka semua tahu bahwa Kamu baik-baik saja. Bila perlu, ketika sedang berpindah ke tempat lain Kamu bisa langsung mengabari orang terdekatmu.

Jika menurutmu hal tersebut terlalu rumit, maka Kamu juga bisa membuat postingan di media sosial seperti instagram. Dengan meninggalkan jejak di dunia maya tersebut, maka keluarga dan temanmu tidak akan mengkhawatirkan dirimu.

  1. Simpan uang dan dokumen penting pada tempat terpisah

Tips ini penting sekali bagi solo traveler sepertimu. Menyimpan uang dan dokumen pada tempat yang terpisah bertujuan untuk mengantisipasi risiko kehilangan. Jika Kamu kehilangan di satu tempat, maka tidak lantas Kamu kehilangan semua uang dan dokumen berharga milikmu.

Kamu bisa menyelipkan beberapa lembar uangmu pada tempat selain dompet seperti saku baju, saku celana, kaos kaki hingga ikat pinggang. Kamu juga bisa menyimpan salinan dokumen pentingmu dengan cara terpisah dari dokumen asli. Jika Kamu menyimpan dokumen asli di tempat menginap, maka Kamu bisa menyimpan salinan dokumen tersebut di dompetmu.

  1. Siapkan dana lebih

Meskipun Kamu sudah mengencangkan ikat pinggang demi anggaran travelingmu, namun Kamu tetap perlu untuk menyisihkan sejumlah uang untuk berjaga-jaga jika terdapat kemungkinan yang tidak diinginkan. Misalnya saja ketika biaya sewa penginapan ternyata bertambah, biaya makan yang melebihi anggaran serta biaya akomodasi yang tidak terduga.

Kamu bisa membawa uang cadangan secara cash maupun dalam bentuk kartu debit dan kredit. Selain itu, Kamu juga bisa membawa uang digital untuk mempermudah transaksimu.

  1. Pilih tas yang aman dari pencopet

Untuk melakukan solo traveling penting bagi Anda untuk menyiapkan tas yang aman dari risiko kecopetan. Kamu bisa membawa tas ransel khusus untuk baju dan tas kecil selempang yang bisa Kamu bawa kemana-mana. Yang paling penting, jangan sampai Kamu membawa terlalu banyak barang berharga ketika traveling. Ini berbeda lho dengan uang cadangan maupun dokumen penting.

Apakah Kamu sudah tertarik untuk berkeliling Indonesia? Segera rencanakan solo travelingmu, ya! Jangan sampai terkekang dengan rutinitas harian Kamu yang sebegitu banyaknya. Indonesia itu indah, lho! Sayang sekali untuk Kamu lewatkan.

Leave a Reply