tips mengkilapkan mesin motor

Tips Mengkilapkan Mesin Motor

Kalian sebagai pemilik motor jangan membiarkan motor yang kalian miliki itu kotor penuh dengan noda, karena nantinya kalian tidak akan nyaman ketika sedang menggunakan nya. Sebisa mungkin kalian harus bisa merawat dan menjaga ke apikan dari motor itu, karena motor tersebut nantinya akan selalu menemani aktivitas kalian.

Selain menjaga kebersihan dari tampilan bodi, kalian juga harus bisa menjaga kebersihan dari mesin dengan cara selalu menyuci sambil membersihkan kotoran-kotoran yang nempel dibagian mesin, apa perlu kita bersihkan setiap hari? Selagi kalian sanggup kenapa tidak?

Tapi kalo kalian tidak menyanggupinya, saran saya si 3 atau 4 hari sekali kalian bersihkan motor secara keseluruhan, dimulai dari bodi sampai kepada mesin motor. Kan kadang-kadang tuh suka ada aja kotoran oli yang nempel dibagian mesin, nah hal itu harus kalian bersihkan sehingga mesin motor yang kalian miliki akan selalu bersih dan mengkilap.

Lalu bagaimana cara membersihkan mesin motor dari kotoran debu dan oli? Berikut dibawah ini mamangbengkel akan  memberikan tips mengkilapkan mesin motor yang insha allah akan membuahkan hasil yang maksimal.

Pertama-tama yang harus kalian lakukan ialah..

Menyiapkan Peralatan

tips mengkilapkan mesin motor

otomonesia.com

Kalian harus menyiapkan peralatan untuk membersihkan mesin terlebih dahulu, misal seperti selang untuk mengalirkan air, kemudian sikat yang digunakan untuk membersihkan bagian-bagian mesin, dan menyiapkan sabun pembersih yang nantinya sabun tersebut akan menghilangkan kotoran yang nempel pada bagian mesin.

Setelah persiapan alat-alat untuk membersihkan motor sudah siap, maka langkah selanjutnya ialah..

Mencuci Motor

Cuci motor kalian dengan bersih dan menggunakan air yang bersih, bilas seluruh permukaan motor dengan menggunakan air yang dialirkan oleh selang, kemudian perlahan-lahan kalian mengusap-usap bodi motor menggunakan busa dan sabun agar debu-debu dan kotoran pada bagian bodi motor akan terhapus dan hilang.

Misal kalian membersihkan motor honda vario, honda vario ini adalah motor matic yang gampang sekali untuk dibersihkan. Kalian cukup membersihkan bagian bodi secara keseluruhan, dasbor, dan lantai motor yang biasa dipakai untuk kaki kita.

Ketika motor itu sudah beres di cuci, maka langkah selanjutnya iala..

Lap Bagian Motor yang Masih Basah

Dalam melap motor itu saya anjurkan kepada kalian semua untuk menggunakan kanebo yang halus, sehingga ketika proses pengelapan bodi motor itu tidak membuat cat dari motor itu rusak. Setelah semua bodi motor itu kering, maka kalian langsung menyiapkan peralatan untuk membersihkan mesin agar si mesin tersebut mengkilap seperti baru.

Langkah selanjutnya ialah..

Menghamplas Mesin

Apabila terdapat kotoran yang sudah berkarat pada permukaan mesin, maka kalian harus menghamplasnya dengan menggunakan hamplas halus, sehingga sedikit demi sedikit kotoran tersebut akan luntur dengan sendirinya.

Jangan lupa juga sebelum menghamplas mesin kalian harus membilas mesin terlebih dahulu dengan air sabun.

Langkah selanjutnya ialah..

Gunakan Metal Polish

Kalian bisa menggunakan metal polish untuk mengkilapkan mesin motor yang sudah kusam. Cara penggunannya juga mudah, kalian cukup menyemprot atau mengoleskan metal polish ke permukaan mesin yang kotor, setelah itu kalian harus mengelap permukaan mesin tersebut dengan menggunakan lap yang berbahan microfiber sehingga mesin itu akan terlihat kinclong seperti baru.

Langkah selanjutnya untuk mengkilap mesin ialah..

Gunakan Bensin atau Solar

Nah selain dari cara-cara diatas, kalian bisa menggunakan jenis bahan bakar seperti solar dan bensin untuk mengkilapkan mesin motor yang sudah kusam. Cukup siramkan bensin atau solar tersebut kepada permukaan mesin yang kotor, setelah itu sikat dengan menggunakan sikat kawat, lalu biarkan sebentar selama beberapa menit dan bilas dengan air bersih.

Cukup sekian pembahasan kali ini tentang tips mengkilapkan mesin motor yang kusam, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

Leave a Reply