Tips Memulai Bisnis Properti Tanpa Modal, Simak Langkahnya

Bisnis Properti dikenal sebagai bisnis yang memiliki omzet besar dan mampu bertahan lama. Lalu anda bertanya-tanya apakah terjun ke usaha property membutuhkan modal banyak? Jawabannya adalah tidak, karena memulai usaha property bisa dilakukan bahkan tanpa modal. Sebenarnya ada banyak cara untuk mencari peluang di bidang usaha property.

Bukan modal secara material, namun modal berupa skill yang harus diasah oleh anda yang ingin menekuni bidang ini. Salah satunya modal yang paling penting adalah ketrampilan berbicara. Sedangkan semua orang punya kemampuan tersebut, tinggal bagaimana cara mengasahnya. Berikut tips untuk memulai usaha property tanpa modal yang dirangkum dari beberapa sumber.

1. Terjun dari Awal Lebih Baik

Tips pertama dalam memulai usaha property sebenarnya adalah jangan ragu, Hal ini dikarenakan memulai atau terjun ke usaha property sedari nol lebih baik ketimbang anda memulai atau menjalankan usaha property milik keluarga anda misalnya. Pasalnya anda akan lebih bayak tahu berdasarkan pengalaman yang anda alami selama memegang bisnis tersebut.

Seperti kata pepatah, pengalaman adalah guru paling berharga. Selama perjalanan anda memulai bisnis, pasti akan banyak pengalaman baik itu pengalaman baik atau buruk. Nah dari pengalaman buruk atau kegagalan tersebut, anda bisa mendapatkan sikap mampu mengatasi tekanan yang akan membentuk kepribadian anda.

2.Rajin Melihat Iklan

Media promosi dari sebuah bisnis properti beiasanya bermacam-macam seperti internet, brosur, majalah atau surat kabar. Rajin-rajinlah untuk melihat iklan tersebut untuk mengetahui harga pasaran property seperti rumah dan lainnya untuk menambah wawasan anda. Dari pengamatan tersebut, anda bisa mematok harga yang anda inginkan agar memeroleh keuntungan.

Melihat iklan juga berfungsi dalam menentukan langkah apakah anda akan mengambil langkah melakukan penawaran kepada calon pembeli dan penjual atau tidak. Di zaman sekarang ini, iklan di internet mulai lebih dilirik.

3. Mulai dari Orang Terdekat

Mencari Calon Pembeli dalam bidang property adalah susah-susah gampang. Setelah melihat iklan di berbagai media, anda juga bisa menawarkan langsung kepada orang-orang. Anda bisa memulainya dengan orang terdekat, seperti keluarga, rekan kerja. Saat rekan anda membicarakan soal rencana membeli rumah, anda bisa ikut ‘nimbrung; dan menawarkan usaha anda.

Sementara untuk mencari orang yang ingin menjual rumahnya, anda juga harus punya usaha yang gigih. Anda harus rajin mendatangi lokasi perumahan lewat info yang bisa anda peroleh dari mana saja, ataupun menghadiri pameran property di wilayah anda, Lokasi rumah menjadi salah satu hal penting untuk menawarkan kepada calon pembeli.

4. Tawarkan Kerjasama

Setelah menemukan orang yang akan menjual rumahnya, segeralah tawarkan kerjasama bahwa anda siap menjualkan rumah tersebut. Tulislah semacam dokumen kerjasama antara anda dan si penjual mengenai detil kerjasama yang tidak akan merugikan pihak manapun. Tulis juga detil rumah yang akan dijual seperti luas tanah, luas bangunan, harga yang diinginkan atau fasiitas yang ada,

Kemudian tugas anda adalah untuk mencarikannya orang yang mau membeli rumah tersebut, Dalam hal ini, anda berperan sebagai marketing yang menghubungkan kedua orang ini. Yakinkah para pembeli, namun tetap sampaikan fakta soal rumah yang anda jual.

5 Membuat Website untuk Promosi

Ada istilah yang disebut sebagai ‘zero marketing’ saat ini, yaitu dengan menggunakan media online. Anda cukup menggunakan media sosial untuk mempromosikan usaha property anda seperti twitter, facebook atau instagram. Selain itu, pembuatan situs khusus untuk mempromosikan rumah yang anda jual juga baka efektif menarik pembeli.

Anda bisa mulai dengan membuat blog terlebih dulu karena membuat situs butuh biaya. Setelah membuat situs, anda bisa menggunakan jasa penulis artikel untuk mengisi konten website yang anda inginkan. Buatlah semacam katalog yang menjelaskan semua informasi produk anda, yang bisa dikunjungi semua orang saat mengklik website anda tersebut.

Demikianlah beberapa tips untuk memulai bisnis properti bahkan tanpa modal sekalipun. Rajin-rajinlah melihat peluang dan jangan ragu untuk mengalami kegagalan karena seperti yang sudah disinggung di atas, pengalaman adalah guru paling berharga. Selamat mencoba!

Leave a Reply