Tips-Menghadapi-Lingkungan-Kerja

Tips Bertahan di Tempat Kerja

Tidak selalu pekerjaan yang kita jalani berjalan dengan lancar dan sesuai harapan. Tidak semua orang memiliki tempat kerja yang nyaman dan menyenangkan. Terkadang tempat kerja seperti ruang panas yang membakar hati dan pikiran. Kantor ibarat bom waktu yang sewaktu-waktu dapat meledak dan menghanguskan semua hal.

Namun, seberapa kesalnya kita terhadap tempat kerja, tidak dipungkiri bahwa kita masih sangat membutuhkannya. Oleh sebab itu, bertahan dan melakukan pekerjaan dengan sebaik mungkin adalah hal yang bisa dilakukan.

Cara Menghadapi Lingkungan Kerja yang Tidak Nyaman

Di dalam pekerjaan, sering kali kita menghadapi sesuatu hal yang tidak selalu baik. Bos yang pemarah, rekan kerja yang tidak kooperatif, beban pekerjaan yang terlalu banyak dan lain sebagainya. Kondisi seperti ini sering kali memicu menurunnya motivasi bekerja. Mungkin tidak sedikit dari Anda yang kemudian berfikir untuk keluar atau mengundurkan diri. Akan tetapi kondisi financial belum memungkinkan.

Oleh sebab itu, ikutilah cara-cara berikut ini untuk bertahan dan menghadapi kondisi tempat kerja yang kurang kondusif. Diantaranya adalah :

1. Selalu Berfikir Positif dan Semangat

Ibarat kata-kata bijak, pikiran positif akan mengundang hal-hal positif dalam hidup Anda. Hal ini juga berlaku dalam lingkungan kerja. Jika Anda memiliki atasan yang sering marah tanpa alasan, tidak perlu merasa tertekan.

Pertama-tama, pikirkan hal yang positif. Mungkin saja atasan Anda tersebut sedang memiliki masalah di rumah atau mendapat tekanan dari atasannya. Dengan demikian, Anda tidak akan merasa terintimidasi karena amarahnya.

Anda akan tetap bisa berfikir jernih untuk menyelesaikan permasalahan yang membuat atasan Anda marah. Tetaplah memiliki semangat tinggi seperti ketika Anda pertama kali bekerja. Semangat bekerja akan menjadi bahan bakar untuk segera menyelesaikan masalah yang muncul.

Seperti yang dikutip dari wisatanabawi.com bahwa kata-kata bijak yang terkenal dari para tokoh di dunia dapat membangun semangat dan menjadi inspirasi bagi pembacanya.

2. Fokus pada Pekerjaan Sendiri

Tidak sedikit tempat kerja yang para pekerjanya memiliki kehidupan sosial berkelompok atau saling membuat grup. Mereka beraktivitas secara berkelompok bahkan saling terpecah belah. Kondisi seperti ini sangat tidak kondusif mengingat bekerja adalah kegiatan yang saling berhubungan satu sama lain dan berkesinambungan.

Jika Anda berada dalam kondisi seperti ini, cara paling aman adalah tidak ikut dalam kelompok manapun. Fokuslah terhadap diri dan pekerjaan sendiri. Tidak perlu ikut campur dan bergabung dengan grup tertentu. Tetap jaga hubungan baik pada semua karyawan dengan tidak melihat dari grup mana dia berasal.

3. Temukan Hal yang Bisa Dijadikan Penyemangat

Tujuan bekerja adalah untuk mencari nafkah. Hal ini tidak dipungkiri lagi. Ketika Anda merasa bahwa tempat kerja sudah tidak nyaman dan menyenangkan, ingatlah bahwa Anda membutuhkan uang untuk hidup.

Temukan satu penyemangat yang bisa mengembalikan semangat Anda. Carilah sebuah motivasi untuk meningkatkan daya juang Anda kembali. Contohnya seperti insentif atau bonus, senyum orang tua, tawa keluarga dan lain sebagainya.

4. Bedakan Urusan Pekerjaan dan Pribadi

Jangan mencampurkan urusan pekerjaan dengan kepentingan pribadi. Ketidaknyamanan di tempat kerja kebanyakan disebabkan oleh hubungan antar karyawan yang kurang baik. Biasanya terjadi pertengkaran atau percekcokan. Untuk itu, Anda harus pandai-pandai membedakan mana urusan kantor dan pribadi supaya tidak sampai terjadi hal seperti ini.

Ketika bersinggungan dengan karyawan lain karena permasalahan pribadi, usahakan untuk tidak membawanya ke lingkungan pekerjaan. Tetap bersikap profesional dan bekerja dengan semestinya. Jika permasalahan dialami oleh karyawan lain, jangan ikut campur atau membela salah satunya.

5. Kontrol Emosi dan Mood

Ketika ada hal yang tidak sesuai keinginan Anda, jangan terbawa dalam emosi. Jika Anda memiliki rekan kerja yang kurang kooperatif dan tidak bisa diajak bekerja sama, jangan mudah marah. Bersikap sabar dan kontrol emosi dengan baik. Amarah tidak akan mengubah kondisi lingkungan kerja atau produktivitas rekan kerja Anda. Emosi hanya akan memperburuk keadaan.

6. Jangan Lupa Rekreasi

Pastikan untuk tidak lupa berekreasi atau berlibur. Tenangkan sejenak pikiran Anda bersama keluarga ke tempat-tempat menyenangkan. Lupakan urusan kantor dan nikmati perjalanan. Hal ini bertujuan untuk menjaga kewarasan supaya Anda tidak cepat stress akibat tempat kerja yang kurang nyaman.

Tidak dipungkiri, bekerja dalam tekanan memang tidak akan menghasilkan produktivitas maksimal. Terlebih lagi tidak didukung suasana kantor yang nyaman. Namun, tidak semua kondisi sesuai keinginan kita. Oleh sebab itu, kita harus bisa bertahan dalam kondisi apapun termasuk lingkungan kerja yang tidak kondusif.

Leave a Reply