Telaga Pengilon di Wonosobo

Telaga Pengilon

Apabila kamu merupakan warga kota yang kesehariannya disibukkan dengan aktivitas yang cukup penat, maka berlibur ke tempat wisata alam merupakan pilihan yang tepat. Ada banyak alternatif yang bisa kamu kunjungi. Kalau di Jawa Tengah sendiri, ada dataran tinggi Dieng.

Dataran tinggi Dieng merupakan pegunungan yang berada di kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara. Kawasan wisata ini menyimpan banyak keindahan yang dapat kamu kunjungi. Salah satunya yaitu Telaga Pengilon yang akan kita bahas berikut.

Daya Tarik Telaga Pengilon

Telaga Pengilon di Wonosobo

Ulasan berikut diambil dari situs https://piknikly.com yang mengatakan bahwa ada puluhan tempat wisata yang dapat kita kunjungi di Dieng. Setiap sudut wisata ini memang menyimpan ke-eksotisannya masing-masing. Lalu, apa yang menarik dari Telaga Pengilon? Berikut ulasannya.

Telaga memang sedikit berbeda dengan danau. Sebab telaga cenderung memiliki ukuran yang kecil, bahkan sinar matahari mampu menyinari dasarnya. Nah, telaga ini awalnya terbentuk dari letusan gunung Prahu Tua yang entah sudah beratus tahun lamanya.

Julukan Pengilon sendiri diambil dari kata bahasa Jawa yang memiliki makna tempat berkaca. Memang, telaga ini mempunyai air yang cukup jernih sehingga kita bisa melihat bayangan sendiri layaknya di depan kaca. Pengambilan nama ini juga memiliki makna agar manusia dapat menginstropeksi diri.

Meski memiliki air yang jernih, namun apabila dilihat dari kejauhan akan terlihat warna cokelat. Hal ini karena pantulan permukaan air dari lelumutan yang berwarna serupa.

Apa istimewanya jika berkunjung ke wisata ini?

Menariknya, hanya dengan 1 kali tiket masuk, kamu bisa mengunjungi 2 obyek sekaligus. Ya, lokasi telaga Pengilon bersebelahan dengan telaga Warna yang sangat populer di kawasan wisata Dieng. Disini kamu bisa menyusuri kedua telaga tersebut dan menikmati panorama yang disuguhkan.

Selain itu, banyak pengunjung yang tentunya memanfaatkan pemandangan alam sebagai latar belakang foto mereka. Jejeran bukit serta lahan pertanian penduduk setempat seolah mengelilingi dua telaga tersebut. Tak ketinggalan, rindangnya pepohonan Akasia ikut menambah keindahan alam yang ada.

Rute Menuju Telaga Pengilon

Titik utama diawali dari pusat kota Wonosobo, yaitu alun-alun. Dari sini kamu bisa mengambil jalan Dieng yang berada di barat alun-alun Wonosobo. Hanya mengikuti jalan ini selama beberapa menit, setelah sampai di pertigaan Dieng, ambil jalur yang ke kiri.

Sedangkan persimpangan yang kanan itu menuju kabupaten Banjarnegara. Cukup ikuti jalan tersebut, maka kamu akan menemukan telaga Warna dan telaga Pengilon di sisi kiri jalan.

Harga Tiket Masuk Telaga Pengilon

Menurut situs referensi kami, kamu akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp. 10.000. Tentunya retribusi tersebut sudah termasuk untuk wisata telaga Warna yang bersebelahan dengan wisata ini.

Jangan lupa, catat jam buka telaga Pengilon yang mulai dari pukul 8 pagi dan tutup pada jam 5 sore hari.

Itulah sedikit ulasan mengenai telaga Pengilon yang dapat kamu kunjungi. Deskripsi tersebut belum seberapa dibanding dengan keindahan alam yang akan kamu temukan secara langsung disana.

Leave a Reply