Telaga Merdada di Banjarnegara

Telaga Merdada

Waktu libur telah tiba, bagi kamu yang ingin mengajak jalan-jalan keluarga kamu, maka kamu harus mencari referensi untuk liburan.

Adapun beberapa referensi liburan, salah satunya adalah wisata ke Banjarnegara. Saat ini banyak sekali wisata alam yang berada di Banjarnegara. Jika kamu ingin ke Banjarnegara, maka kamu bisa mencoba untuk mengunjungi wisata Telaga Merdada.

Daya Tarik Telaga Merdada

Telaga Merdada di Banjarnegara

Biasanya wisata yang ada di Banjarnegara adalah khas pegunungan dan bukit, namun hal tersebut tidak di dominasi oleh hal itu saja namun terdapat telaga yang bisa kamu kunjungi.

Selain telaga Pengilon yang pernah kita ulas, ada telaga lain yang tak kalah menarik di kabupaten Banjarnegara. Berikut ini sedikit penjelasan dalam wisata tersebut.

Lokasi Telaga Merdada

Sebelum kamu ke wisata tersebut, maka kamu harus mengetahui lokasinya terlebih dahulu. Adapun alamat telaga merdada ada di desa Karang Tengah, Kecamatan Batur, Banjarnegara.

Lokasi yang satu ini bersebelahan dengan Wonosobo sehingga kamu bisa mengunjunginya melalui Wonosobo ataupun kamu bisa juga melewati Banjarnegara untuk bisa ke Telaga Merdada. Telaga ini berada di ketinggian sekitar 2.045 mdpl

Asal Usul

Adapun legenda yang bisa kamu pelajari dari telaga ini. Telaga ini memiliki nama unik yaitu merdada. Adapun arti merdada sendiri dari kata dada yang artinya luas atau lapang. Adapun luas telaga merdada ini sekitar kurang lebih 25 hektare.

Oleh karena itu, maksud dari nama telaga ini adalah telaga yang luas dan lapang. Memang penampakan telaga yang satu ini cukup luas dan bisa menikmati indahnya pemandangan alam yang ada di telaga merdada.

Panorama Telaga Merdada

Ada beberapa pemandangan yang bisa kamu nikmati. Saat kabut belum turun maka kamu bisa menikmati indahnya alam hijau yang ada di sekitar telaga ini.

Namun kamu bisa pula menikmati khas dingin Banjarnegara jika kabut datang di telaga merdada. Hal ini bisa menjadi pengalaman yang seru jika kamu bepergian ke wisata ini.

Adapun kamu dapat dengan mudah untuk mencoba mengelilingi telaga dengan menggunakan sampan. Untuk biaya satu orangnya adalah dengan harga Rp. 25.000 dan sampan bisa digunakan untuk dua orang sehingga pembayaran maksimal adalah Rp. 50.000.

Kemudian kamu nanti akan diberikan jaket pelampung untuk keamanan kamu.

Meski menawarkan keindahan alam dan suasana yang menyejukkan, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal. Tiket masuknya pun dibanderol 5.000 rupiah saja.

Selain itu, telaga ini buka selama 24 jam. Artinya, ini memungkinkan bagi kamu untuk mendirikan tenda dan bermalam di tepian telaga.

Menarik bukan? Ini hanyalah satu dari banyaknya wisata alam yang ada di kawasan wisata Dieng. Baik itu yang berada di kabupaten Banjarnegara maupun Wonosobo. Sekian.

Leave a Reply