Revolusi-Mental

Revolusi Mental

Revolusi mental adalah pribahasa yang muncul ke permukaan pasca didengungkan oleh kekuasaan beberapa waktu yang lalu.

Sedangkan pengertian revolusi mental yang dimaksud adalah mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk berubah secara signifikan dengan pandangan berbasis ke depan secara moderat.

Salah satu poin perubahan yang dimaksud adalah masyarakat Indonesia harus memiliki integritas tinggi dan memiliki semangat sekuat baja.

Karena dari paradigma tertentu, hanya inilah yang membuat bangsa Indonesia maju ke depan bukan justru berhenti di tengah apalagi mundur ke belakang.

Pengertian Revolusi Mental

Menurut sejarahnya, revolusi mental bukan hal yang baru di Indonesia. Sebab, pada tanggal 17 Agustus 1945 yang dikenal sebagai hari kemerdekaan bangsa Indonesia, Presiden Soekarno sudah menyampaikannya di depan publik.

Tentu, jika dibaca dari falsafah dasarnya apalagi latar masyarakat di kala itu adalah baru terbebas dari penjajahan, maka maksud dari ungkapan Soekarno tersebut adalah masyarakat harus bangkit me-revolusi mentalnya dari mental yang pernah dijajah harus menjadi manusia bermental yang tidak ingin kembali dijajah.

Pelebaran maknanya bisa saja terjadi di kala itu, dengan bermakna masyarakat harus merubah dari tunduk pada kekuasaan kolonial, berubah menjadi lebih cinta pada Indonesia dan bersedia membawa Indonesia tetap merdeka dan makmur.

Jika dibaca dari narasi di atas, pengertian revolusi mental bisa disimpulkan adalah keinginan kekuasan agar masyarakat ikut serta meningkatkan kemajuan bangsa dengan berpikir moderat, bersikap gotong royong dan memiliki jiwa yang kuat seperti yang diinginkan Ir Soekarno di tahun 1945.

Jika dilihat dari pengertian ini, memang seharusnya orang Indonesia melakukan revolusi mentalnya. Terutama, jika masih memiliki mental acuh, antipasti, maupun egois agar segera merubah dirinya menjadi insan yang bermental toleran, cinta damai, tegas, suka membantu dan berani berkata benar.

Dasar Munculnya Adagium Revolusi Mental

Adagium, istilah, motto, falsafah dan sejenisnya tidak akan muncul jika tidak didasari oleh diskursus-diskursus tertentu. Begitu juga dengan pengertian revolusi mental yang menurut kabarnya bisa menjadi solusi untuk bangsa Indonesia.

Sayangnya masih belum banyak masyarakat yang mengetahui dasar munculnya istilah revolusi mental. Oleh sebab itu, ini dasar-dasar yang dimaksud:

1. Karena adanya Kemajuan Teknologi

Dasar yang pertama adalah karena teknologi di dunia sudah semakin maju dan Indonesia harus mengiringinya jika ingin menjadi bangsa dan besar. Hal ini bisa dilakukan jika masyarakat lebih memiliki mental canggih daripada hanya berkutat pada dimensi-dimensi tradisional.

Bahkan budaya pun diperbolehkan untuk mengadopsi teknologi sebagai pendukungnya. Toh ini yang membuat pasaran lebih luas dan lebih disukai oleh masyarakat banyak daripada produk budaya masih menggunakan cara-cara konvensional yang lambat.

2. Digitalisasi Pendidikan di Dunia

Makna revolusi mental juga perlu disematkan terhadap dinamika pendidikan di Indonesia.

Yang mana sebelum adagium ini muncul, sistem pendidikan masih sangat tradisional sehingga perlu tindakan yang lebih tepat dan modern.

Oleh karena itu, digitalisasi pendidikan di Indonesia juga perlu ditingkatkan sekalipun harus mematangkan kurikulum terlebih dahulu yang terkadang menimbulkan kritik dan sanggahan.

Toh digitalisasi pendidikan dunia sudah merambah begitu luas. Jika ini tidak diikuti oleh Indonesia, pastinya untuk satu dinamika ini, Indonesia akan tertinggal dari negara-negara lain sekelas Australia dan Malaysia.

3. Adanya Politik Identitas yang Menjamur

Politik identitas adalah politik warisan jaman orla dan orba yang sudah tidak sepatutnya muncul lagi di Indonesia terutama di zaman ini. Parahnya politik identitas dan pencitraan juga dimunculkan bersamaan dengan trik black campaign dan money politik.

Ini tidak hanya berlaku pada kekuasaan tetapi juga terjadi pada unit-unit kecil di dalam keluarga. Dimana untuk melanggengkan keinginannya terkadang Sang Ayah harus menyogok anaknya, istri korupsi uang belanja, anak melakukan pencitraan di depan ayahnya agar mendapatkan uang saku dan sejenisnya.

Pengertian revolusi mental yang bermakna perubahan mental tradisional ke mental modern dengan senantiasa menjalankan kehidupan berbangsa dengan lebih bersemangat, penuh cinta, hilang kecurigaan dan berani mengambil sikap adalah tindakan perubahan yang bagus. Maka dari itu, mari revolusi mental Anda dengan merubah sesuai ketentuan di atas.

Leave a Reply