mie ayam dan mie yamin

Perbedaan Mie Ayam dan Mie Yamin

Mie merupakan salah satu makanan yang enak dan menjadi favorit bagi setiap orang. Banyak negara di dunia yang mempunyai makanan khas berupa mie, seperti Indonesia, Jepang, Korea, dan Italia. Kepraktisan, kelezatan, serta keterjangkauan harga menjadi salah satu faktor yang membuat mie sangat disukai setiap orang.

Indonesia sebagai salah satu negara dengan kekayaan kuliner khasnya memiliki berbagai makanan berbahan dasar mie. Di Indonesia sendiri mie adalah makanan yang sangat mudah untuk dijumpai. Hampir di setiap tempat makan pasti menyediakan menu makan berupa mie. Bahkan pedagang kaki lima pun sangat marak yang menjual berbagai macam makanan yang berbahan dasar mie.

Jika kita perhatikan, ada banyak sekali makanan khas Indonesia yang berbahan dasar mie seperti mie ayam, mie bakso, mie yamin, bakmie, mie kocok, dan lain sebagainya.

Namun, jenis makanan yang paling banyak dijumpai di berbagai daerah di Indonesia adalah mie ayam. Dimana mie ayam ini banyak dijual oleh para pedagang kaki lima. Kita bisa menjumpai para pedagang mie ayam ini hampir di setiap tempat ramai seperti alun-alun kota, tempat wisata, atau bahkan di pinggir jalan.

Jenis mie yang popular selanjutnya adalah mie yamin. Penjual mie yamin juga sangat banyak dan mudah ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Jenis mie ini juga tidak kalah enak dengan mie ayam.

Sekilas, mie ayam dan mie yamin memiliki bentuk yang sama. Namun, perlu Anda ketahui bahwa kedua mie tersebut memiliki perbedaan dan ciri khas tersendiri. Agar lebih jelas, kami telah mengutip penjelasannya dari website tentang makanan yaitu Foodnesia.Net, silahkan disimak.

Bentuk dan Tekstur Mie

perbedaan mie ayam dan mie yamin

qraved.com

Sekilas bentuk dan tekstur dari mie ayam dan mie yamin ini memang lumayan mirip. Namun jika Anda perhatikan dengan teliti, terdapat banyak ciri-ciri yang bisa kita lihat dalam membedakan kedua mie tersebut.

Umumnya, mie ayam memilki bentuk mie yang lebih besar dan tebal daripada mie yamin, dan juga teksturnya lebih kenyal ketika dikunyah.

Bentuk mie pada mie yamin biasanya lebih pipih dan kecil, dan juga tidak terlalu kenyal ketika dikunyah. Penyajiannya biasanya dalam mangkuk atau piring. Warna mienya biasanya agak hitam karena dicampur dengan kecap manis.

Perbedaan pada Rasa

mie ayam dan mie yamin

review.bukalapak.com

Setelah tahu tentang bentuk, tekstur dan penyajiannya, sudah kebayang belum kira-kira seperti apa rasa dari mie ayam dan mie yamin?

Nah ternyata ada perbedaan yang sangat jelas antara mie ayam dan mie yamin yaitu tentang rasanya. Mie ayam sendiri rasanya sangat enak, kenyal, gurih, dan wangi dengan bumbu dan taburan daging ayam. Ada sedikit rasa manis juga dari campuran kecapnya, ada rasa segar dari rebusan sayur sawi, dan akan sangat enak lagi dengan rasa pedas dari sambal.

Sedangkan mie yamin, rasanya enak, gurih, dan wangi. Juga ada rasa manis yang lumayan banyak karena campuran kecap manis. Dan rasa manis dari kecap ini menjadi khas dari mie yamin.

Varian dan Cara Penyajian

mie ayam dan mie yamin

angsarap.net

Biasanya mie ayam disajikan dalam mangkuk dengan tambahan sayur sawi, sedikit kuah, dan tentunya irisan olahan daging ayam dengan bumbu khas. Untuk variannya biasanya ditambah dengan toping seperti bakso, sosis, kerupuk pangsit, dan lain-lain.

Sedangkan mie yamin biasanya disajikan di dalam mangkuk atau ada juga yang menyajikan di dalam piring. Campuran mie dengan kecapnya membuat tampilannya khas yaitu agak kehitaman dan kering tanpa berkuah. Ada beberapa taburan toping di atas mie seperti irisan daun seledri, irisan daun bawang, bakso, ceker, dan lain-lain.

 

Itulah 3 hal yang membantu Anda untuk menemukan perbedaan mie ayam dan mie yamin. Setelah membaca artikel ini dipastikan Anda tidak akan keliru dalam memilih dan menentukan mana mie ayam dan mana mie yamin.

Terimakasih sudah membaca, semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply