laptop gaming lenovo

Perbedaan Laptop Gaming dan Laptop Workstation Lenovo

Dilihat dari spesifikasinya, tampak tidak terdapat perbedaan antara laptop gaming dan laptop workstation dari Lenovo. Keduanya sama-sama dibekali dengan komponen yang akan menunjang performa gaming dan bekerja yang mengesankan.

Lantas, jika tidak ada bedanya dari spesifikasi kenapa harus ada pengelompokan antara laptop gaming dengan workstation?

Perbedaannya…

Ternyata, jika diteliti lebih jauh keduanya memiliki beberapa perbedaan.

Perbedaan keduanya terletak pada jenis grafis yang digunakan. Untuk laptop gaming, grafis yang digunakan merupakan grafis yang diperuntukkan untuk performa gaming.

Sementara untuk workstation, grafis yang digunakan merupakan grafis yang diperuntukkan untuk grafis kalangan profesional.

Selain itu, workstation mendapatkan dukungan berupa tersedianya software desain dan profesional yang sudah terpasang di laptop.

Perbedaan Lenovo Legion dan Workstation

1. Beda Jenis Grafis

Perbedaan pertama ada pada jenis grafis yang digunakan. Untuk gaming, jenis grafisnya hanya optimal digunakan untuk bermain game. Sementara untuk workstation jenis grafis yang digunakan optimal untuk para pembuat desain, animator, dan pembuat konten.

Sekarang, Anda sudah mengetahui perbedaan laptop gaming dengan workstation lenovo dalam segi hardware. Itulah kenapa segmentasi laptop keduanya masih eksis.

Jangan sampai Anda salah pilih. Jika mencari laptop gaming, maka pilih laptop gaming. Begitu pulsa jika memilih workstation. Kesalahan dalam memilih akan berakibat kurang optimalnya kerja yang Anda lakukan.

Anda tentu tidak akan mendapatkan pengalaman bekerja, membuat desain, dan konten yang optimal dengan menggunakan laptop gaming. Begitu juga sebaliknya jika Anda menggunakan workstation untuk bermain game.

2. Dukungan Software Profesional

Selain dari segi hardware, terdapat satu perbedaan lain antara laptop gaming dengan workstation. Perbedaan tersebut terletak pada jenis software yang sudah dipasang di masing-masing laptop.

Pada workstation, software yang terpasang merupakan software-software desain untuk kalangan profesional.

Software-software tersebut merupakan software yang bersertifikat dan mendapatkan dukungan langsung dari para pembuatnya.

Adanya software bersertifikasi tersebut akan menunjang kerja Anda di workstation. Dengan kata lain, Lenovo berusaha membuat hardware yang digunakan pada workstation optimal dengan kehadiran software-software tersebut.

Dengan demikian, pekerjaan yang Anda lakukan di workstation menjadi lebih baik dan maksimal. Selain itu, Lenovo juga memberikan tools untuk melakukan pengaturan software yang diberikan.

Lenovo workstation juga dilengkapi dengan alat diagnostik yang akan meningkatkan pengalaman pengguna ketika bekerja di laptop tersebut.

Tidak berhenti di situ, Lenovo ke depannya akan lebih banyak mengadakan acara-acara untuk lebih menarik minat pengguna dan mempromosikan workstation Lenovo.

Saat ini, Lenovo memiliki seri workstation ThinkPad P. Untuk laptop gaming, Lenovo menyediakan seri Legion.

Seri ThinkPad dan Legion

lenovo legion

lenovo legion

Laptop seri ThinkPad P tersebut sudah dilengkapi dengan komponen terbaru. Prosesor yang digunakan merupakan prosesor intel generasi ke-8.

Dalam hal spesifikasi, hardware yang digunakan sudah menunjang kerja grafis yang gahar. Layar laptop 15 inci dengan resolusi 4K UHD (3840 x 2160), kapasitas penyimpanan sudah mendukung SSD, kapasitas RAM yang besar, dan kartu grafis dengan kapasitas memori yang besar.

Untuk sistem operasi, Lenovo ThinkPad P sudah menggunakan Windows 10 Pro yang memang dilengkapi dengan beragam program-program eksklusif.

Program-program tersebut akan mendukung kerja profesional Anda. Seri ThinkPad P seri merupakan seri workstation unggulan dari Lenovo.

Harga dari seri thinkPad ini mulai 10 jutaan hingga 40 jutaan.

Pilihan lainnya, saudara dari thinkpad adalah IdeaPad. Berdasarkan rekomended.com, website yang berisi ulasan produk terbaik, menyebutkan bahwa harga dari IdeaPad y900 ada di angka Rp 35 juta.

Bagaimana dengan seri Legion?

Seri Legion dibanderol dengan harga di atas 28 juta. Legion Y740 sendiri dibanderol dengan harga 28,5 juta rupiah.

Legion Y740 dilengkapi dengan prosesor Intel Core i7-8750-H, memori RAM 16GG DDR4, VGA NVIDIA GeForce RTX 2060 6GB GDDR6, dan kapasitas SSD 256GB HDD 1TB. Dari spesifikasinya saja, Anda sudah bisa menebak performa gaming 4K dan FHD yang mulus dengan fps yang tinggi.

Legion Y740 juga dilengkapi dengan fitur pendukung gaming lainnya, dari mulai keyboard RGB dan sistem pendingin Legion Coldfront.

3. Dimensi

Perbedaan terakhirnya yang dapat kita lihat ada pada dimensinya, untuk seri Lenovo gaming lebih tebal dan besar dibandingkan Lenovo ThinkPad.

Jadi, bila Anda juga mengedepankan mobilitas maka Lenovo ThinkPad adalah pilihannya.

Demikianlah beberapa informasi mengenai beberapa perbedaan antara laptop Lenovo gaming dan workstation.

Leave a Reply