Pengertian-Tujuan-Manfaat-Poster

Pengertian Poster: Tujuan, Cara Membuat

Mendengar isitilah poster maka terbenak dalam lintas pikiran kita tentu terbayang gambar-gambar yang menarik untuk dilihat tentunya.

Namun sudah tahukah Anda mengenai pengertian poster, manfaat poster atau tujuan poster itu dibuat untuk apa?

Nah bagi Anda yang belum mengetahuinya, silahkan simak ulasan dibawah ini hingga selesai.

#1. Pengertian Poster ?

Menurut situs wikipedia, poster merupakan suatu karya seni grafis yang dibuat dengan perpaduan antara huruf serta angka diatas kertas yang ukurannya relatif besar. Poster ini biasanya ditempel didinding ataupun permukaan yang relatif datar ditempat- tempat umum yang ramai supaya data serta pesan yang terdapat didalam poster tersebut dapat tersampaikan kepada masyarakat.

Menurut Rivai, bahwasanya pengertian poster ialah sesuatu rancangan yang didalamnya ada campuran antara visual yang kokoh dan telah tersusun dari sebagian tujuan serta pula pesan yang mempunyai tujuan buat menarik atensi dari orang banyak. Poster umumnya cuma sebatas buat diingat saja, Apabila seorang yang memandang poster tersebut dengan lama serta telah menangkap apa isi dari pesan dari poster tersebut.

Namun secara umum pengertian poster adalah media publikasi yang terdiri atas tulisan, foto maupun campuran antar keduanya dengan tujuan membagikan data kepada khalayak ramai. Poster umumnya dipasang ditempat- tempat umum yang dinilai strategis semacam sekolah, kantor, pasar, mall serta tempat- tempat keramaian yang lain. Data yang terdapat pada poster biasanya berinformasikan ajakan atau himbauan.

#2. Tujuan Poster

Adapun tujuan dari poster ini dibuat dan dipublikasikan ke tempat-tempat yang ramai yaitu:

Dibuatnya poster tentu bukan tanpa sebab, namun mempunyai maksud serta tujuan sendiri. Secara umum tujuan serta maksud dibuatnya poster merupakan bagaikan media publikasi supaya warga dapat membacanya serta melaksanakan suatu kesamaan dengan apa yang terdapat dalam poster tersebut.

Sehingga bisa ditarik kesimpulan bahwa maksud dan tujuan dibuatnya poster bergantung dengan apa yang di inginkan pembuat itu sendiri, dapat untuk tujuan komersil, mencari simpati publik, mencari atensi warga, serta yang lain sebagainya.

#3. Cara Membuat Poster

Adapun langkah-langkah cara membuat poster supaya bisa terlihat menarik dan profesional. Setidaknya Anda dapat melakukan beberapa tahapan berikut ini:

Menentukan Topik atau Tujuan

Langkah pertama yaitu Anda harus menentukan topik terdahulu, mau membuat dengan tujuan untuk apa? Untuk keperluan komersil kah, atau untuk keperluan himbauan dan bisa juga lain sebagainya.

Namun jika Anda kebingungan silahkah lihat dahulu berbagai referensi contoh poster terlengkap!

Poin pertama ini harus ditentukan secara jelas dulu, sehingga nanti akan lebih melakukan proses selanjutnya.

Membuat Kalimat Singkat

Langkah kedua yaitu setelah menentukan topik, maka Anda segera membuat kata-kata yang bisa menggugah dalam artian yaitu kata yang bisa menarik simpati seorang.

Membuat kalimat ini juga jangan sampai terlihat aneh, namun harus lah singkat dan mudah dipahami.

Gambar

Setelah mendapatkan kaliamat atau kata-kata yang dipilih maka Anda baru menentukan atau memadukan gambar dengan kalimat yang Anda buat.

Gambar merupakan pelengkap penyampai pesan yang sangat menarik. Inilah kenapa bermacam poster saat ini memakai gambar dengan proporsi jauh lebih besar dibanding dengan tulisan.

Demikianlah tips mengenai langkah membuat poster dan pengertian poster serta tujuan dibuatnya poster. Semoga dengan ulasan diatas dapat membantu segala keperluan Anda.

Leave a Reply