Pebisnis Muda Indonesia

Pebisnis Muda Indonesia

Pada saat duduk dibangku sekolah dasar tidak terlintas dipikiran untuk menjadi seorang pengusaha atau pebisnis.

Kebanyakan siswa saat ditanya cita-cita pasti lebih menjawab menjadi guru, tentara, polisi, dokter bahkan banyak dari para cowo yang menginginkan menjadi pemain bola yang profesianal.

Tetapi setelah semakin besar, pikiran akan terbuka bahwa cita-cita yang kita pilih disaat SD itu tidak mudah untuk dicapai, harus banyak perjuangan dan pengorbanan untuk mewujudkannya.

Bahkan sampai saatnya lulus SMA sederajat, banyak orang yang malah kebingungan mau ngapain, tetapi masih tetep ada yang kekeh untuk mewujudkan cita-citanya, ada yang lanjut kuliah, dan ada juga yang langsung kerja sebagai karyawan.

Ditengah kebingungan para fresh graduate dalam mencari pekerjaan, saat ini malah banyak bermunculan para pengusaha-pengusaha muda di Indonesia.

Dengan begitu perusahaan startup-startup tersebut ikut membangun perekonomian Indonesia, startup tersebut dibangun mulai dari 0 oleh pebisnis muda asalIndonesia.

Dengan banyaknya pebisnis muda di Indonesia, menjadikan inspirasi yang baik bagi para pemuda Indonesia lainnya.

Berikut beberapa pebisnis muda yang sukses membangun bisnisnya hingga menjadi startup di Indonesia :

1. Nadiem Makarim

Pebisnis Muda Indonesia Nadiem Makarim

voffice.co.id

Buat kalian yang sering menggunakan jasa ojek online dari Go-Jek pasti mengetahui siapa sosok Nadiem Makarim.

Nama Nadiem Makarim mulai tersohor bebarengan dengan bisnis yang ia kelola yaitu Go-Jek, salah satu perusahaan penyedia jasa ojek berbasis online, beliau menjabat sebagai CEO Go-Jek.

Pria kelahiran 1984 ini dapat meraih kesuksesaannya yang terbilang masih muda, semua berawal saat menjadi  konsultan manajemen di McKinsey & Company. Setelah mendapatkan gelar MBA, Nadiem Makarim lebih memilih langsung terjun sebagai pengusaha.

Ia langsung mendirikan Zalora Indonesia, dan ia juga menjabat sebagai managing editor, kemudian setelah ia keluar dari zalora ia langsung menjabat sebagai Chief Innovation Officer (CIO).

Setelah perjalanan panjang, Nadiem mulai fokus mengembangkan Go-Jek yan telah ia rintis sejak tahun 2011. Dengan melihat kondisi jasa ojek di Indonesia yang kesulitan dalam mendapatkan penumpang, ia kemudian mendirikan PT. Gojek Indonesia pada tahun 2015.

Dan alhamdulilah usaha yang ia rintis dari nol sekarang sudah menjadi startup decacorn pertama asal Indonesia karena nilai valuasi GoJek mencapai lebih dari 10 milliar US Dollar.

Berkat kesuksesannya dalam berbisnis, Nadiem ditunjuk oleh presiden terpilih tahun 2019-2024 Bapak Jokowi sebagai menteri pendidikan.

2. Ahmad Zaky

Pebisnis Muda Indonesia Ahmad Zaky

sepositif.com

Pebisnis muda yang kedua adalah sosok dibalik suksesnya marketplace di Indonesia yaitu Bukalapak.

Pria lulusan ITB dengan berbagai prestasi akademiknya dan tidak diragukan lagi kecerdasannya menjadi CEO di Bukalapak.

Ahmad Zacky awalnya bermimpi untuk membangun marketplace di garasinya, dengan dorongan motivasi yang kuat ia mendirikan sebuah situs marketplace yang bertujuan untuk memperdayakan UKM masyarakat, yang di berinama Bukalapak pada tahun 2010.

Dibalik suksesnya e-commerce dan startup yang kita kenal dengan Bukalapak ini, Ahmad Zacky mengalami beberapa perjalanan karir yang patut kita contoh kerja kerasnya.

Setelah lulus dari ITB, Zacky memulai karirnya dengan mendirikan bisnis konsultasi dibidang teknologi komputer. Ia menjalankan bisnis yang menangani pembangunan sistem IT perusahan besar di Indonesia.

Setelah itu, ia juga pernah membuat software perhitungan cepat (quickcount) untuk menghitung cepat hasil perolehan suara saat pemilu.

Memang benar usaha tidak akan menghianati hasil.

3. William Tanuwijaya

Pebisnis Muda Indonesia William Tanuwijaya

qubiz.net

Pebisnis muda yang terakhir ini masih di seputar marketplace dan e-commers, yaitu pendiri sekaligus pemilik Tokopedia.

Pria kelahiran kota Pematangsiantar tanggal 11 November 1981 ini sukses mendirikan marketplace terbesar di Indonesia yang merupakan saingan terberat bagi Bukalapak.

William memulai perjuangannya saat ia masih menempuh pendidikan di Universitas Bina Nusantara (Binus) jurusan Teknik Informatika, pada saat semester 2 William sempat bekerja sebagai penjaga warnet. Dari situlah dia mulai mengetahui lebih dalam tentang dunia internet.

Setelah lulus kuliah, William sempat bekerja di perusahaan software dan game developer bahkan pernah bekerja di perusahaan jual beli online KafeGaul.

Setelah perjalanan panjang, pada 6 Februari 2009 William mengajak temannya yang  bernama Leontinus Alpha Edison untuk merintis situs marketplacenya yaitu Tokopedia.com, dan tepat pada 17 Agustus 2009 William dan temannya resmi merilis Tokopedia.

Perjalanan yang baik di alami oleh William, karena pada tahun pertama perkembangan penjual dan pembeli sangat bagus, sehingga Tokopedia mendapat suntikan dana dari Investor.

Dan ditahun pertamanya juga Tokopedia mendapat penghaargaan dari Bubu Awards sebagai startup e-commerce terbaik di Indonesia. Wow hebat sekali perjuangan dan kerja keras mereka.

Tokoh di atas merupakan secuil contoh dari pebisnis muda sukses di Indonesia, aktualnya sudah banyak kok pebisnis muda yang sukses yang berada di daerah-daerah di Indonesia.

Jaikanlah perjuangan dan kisah mereka menjadi motivasi buat anda pemuda Indonesia untuk mewujudkan mimpi anda.

Sekarang sudah bukan lagi jamannya nongkrong nggak jelas, tapi cobalah untuk berfikir menjadi orang yang lebih baik dari hari kemarin.

Jika anda tidak bisa berperan baik untuk negara, minimal jadi lah yang terbaik untuk diri anda sendiri.

Leave a Reply