Oppo F17 Pro

Oppo F17 Pro

OPPO F17 Pro adalah salah satu dari banyak smartphone bahwa Cina smartphone pembuat OPPO baru saja diluncurkan di India. Dengan harga Rp 4.600.000 untuk satu-satunya RAM 8GB dan konfigurasi penyimpanan internal 128GB, smartphone kelas menengah ini menghadirkan campuran beragam fitur kelas menengah dan premium – dari pengaturan kamera ganda di bagian depan hingga layar AMOLED, desain ringan, dan layar besar.

OPPO F17 Pro: Smartphone kelas menengah yang Masih Worth It

Kapasitas baterai dengan dukungan pengisian cepat. Dengan ini, OPPO F17 Pro tampaknya menjadi smartphone seimbang yang menawarkan setiap pengguna sesuatu yang mereka inginkan. Tapi bagaimana tarifnya sebagai produk lengkap dalam penggunaan sehari-hari? Mari cari tahu tentang Oppo F17 Pro lebih dalam, artikel ini bersumber dari Sudutnusantara.com.

Spesifikasi OPPO F17 Pro

  • Layar 6,43 inci Super AMOLED (2400 x 1080), kecepatan refresh 60Hz, rasio sampling sentuh 180Hz, 409ppi
  • MediaTek Helio P95 octa-core CPU IMG 9XM-HP8 GPU
  • 8GB LPDDR4X RAM
  • 128GB Penyimpanan UFS 2.1
  • Dapat diperluas melalui slot microSD
  • Kamera quad-belakang:
    • Kamera utama 48MP F1.7 • Sudut lebar
    8MP F2.2
    • 2MP F2.4 monokrom
    • 2MP F2.4 monokrom
  • 16MP utama + kamera depan ganda dengan kedalaman 2MP
  • 4G LTE
  • Dual SIM
  • WiFi 802.11 a / b / g / n / ac
  • Bluetooth 5.1
  • GPS, Mendukung A-GPS, Beido, Glonass, GALILEO, speaker QZSS \
  • Dolby Atmos
  • Pemindai sidik jari (dalam layar)
  • USB-C
  • Colokan audio 3,5 mm
  • ColorOS 7.2 (Android 10)
  • Baterai 4.025mAh dengan pengisian cepat 30W VOOC 4.0
  • 160,14 x 73,77 x 7,48 mm
  • 164g
  • Matte Black, Magic Blue, Metallic White

OPPO F17 Pro: Desain

F17 Pro mengambil isyarat desain dari smartphone premium OPPO Reno4 Pro (review). Ini adalah smartphone yang dibuat secara ergonomis dengan faktor bentuk kompak (setipis 7,48 mm) dan desain ringan (164g) —bangun secara keseluruhan. Meski terbuat dari plastik, ponsel ini tampak kokoh dan memiliki desain gradien baru di sampul belakangnya. Ini adalah sampul reflektif gradien dua warna yang terlihat familier tetapi menarik. Melengkapi desain sampul belakang adalah modul kamera berbentuk persegi mirip Apple iPhone 11 Pro di bagian belakang. Meskipun menonjol keluar dari sasis dan membuat ponsel bergoyang-goyang pada permukaan datar, ini tidak terlihat aneh.

Secara keseluruhan, OPPO F17 Pro memiliki desain bersih yang terlihat premium, terasa kokoh, dan terasa nyaman di tangan. Ini adalah salah satu ponsel kelas menengah yang terasa nyaman untuk digenggam dan dioperasikan, berkat bentuknya yang ringan dan faktor bentuk yang tipis.

OPPO F17 Pro: Tampilan

OPPO F17 Pro memiliki layar 6,43 inci dengan resolusi fullHD + (2400 x 1080), dengan aspek rasio 20: 9 yang tinggi. Ini adalah layar AMOLED dengan kecepatan refresh 60Hz. Layar tidak memiliki fitur seperti rentang dinamis tinggi dan kecepatan refresh yang ditingkatkan, tetapi berfungsi dengan baik dalam penggunaan sehari-hari. Itu cerah, jelas dan responsif. Selain itu, ada fitur nilai tambah seperti mode tampilan selalu aktif dan mode gelap. Mode tampilan selalu aktif menunjukkan jam dan beberapa detail lainnya di layar terkunci, jadi Anda tidak perlu membuka kunci ponsel untuk memeriksa waktu dan hari. Ini menunjukkan ikon aplikasi untuk menunggu pemberitahuan di area pemberitahuan telepon, memberikan pandangan sekilas semua informasi di satu tempat. Mode tampilan selalu aktif dapat disesuaikan dan menampilkan beberapa gaya jam yang telah diatur sebelumnya.

Sekalipun semuanya tampak baik-baik saja, tampilan tersebut tidak bebas dari gangguan karena punch-hole berbentuk kapsul di pojok kiri atas. Bezelnya, terutama yang besar di bagian bawah, adalah gangguan lain dari sudut pandang desain.

OPPO F17 Pro: Kamera

OPPO F17 Pro memiliki enam kamera – empat di belakang dan dua di depan. Pengaturan kamera belakang mencakup sensor utama 48 megapiksel dari aperture f1.8, sensor ultra-lebar 8MP dari aperture f2.2, dan dua sensor monokrom 2MP dari aperture f2.4. Di bagian depan, ponsel ini memiliki sensor utama 16MP dari aperture f2.4 yang dipadukan dengan sensor kedalaman 2MP.

Dalam kondisi siang hari, sensor utama dan ultra-lebar ponsel mengambil bidikan detail dengan jumlah detail yang baik, rentang dinamis yang layak, dan warna netral. Eksposur tampaknya menjadi masalah dengan sensor utama, dan ini cukup sering menerapkan eksposur berlebih secara default. Namun, sedikit mengutak-atik pengaturan eksposur pada layar akan menyeimbangkannya. Sensor ultra-lebar menangani eksposur dengan baik tetapi menunjukkan efek barel, membuat gambar lembut di tepinya. Dalam cahaya redup, sensor utama mengambil bidikan yang memuaskan tetapi membutuhkan tangan yang stabil. Sensor ultra-lebar, di sisi lain, menderita dalam kondisi cahaya redup dan menangkap noise, sehingga menghasilkan output yang buruk.

Selain sensor lebar dan ultra lebar, ada dua sensor 2MP untuk detail kedalaman. Dengan dua sensor inilah kamera menyegmentasikan subjek dan latar belakang. Keduanya ikut bermain dengan filter kamera dan efek bokeh dalam video. Di antara filter lainnya, terdapat ‘AI Color Portrait’, yang mempertahankan warna pada subjek (hanya manusia) dan mengubah latar belakang menjadi monokrom. Filter tersebut ternyata menjadi nilai tambah yang baik dalam paket pencitraan OPPO F17 Pro.

Kamera depan berfungsi dengan baik untuk selfie dalam semua kondisi cahaya. Penambahan sensor 2MP tambahan di sini meningkatkan kinerja kamera dalam mode potret. Seperti kamera belakang, kamera depan juga mendukung filter warna, dan pengaturan dua kamera berfungsi dengan baik untuk membagi subjek dan latar belakang.

OPPO F17 Pro: Kinerja

OPPO F17 Pro ditenagai oleh system-on-chip MediaTek Helio P95, dipasangkan dengan RAM 8 GB dan penyimpanan internal 128 GB. Ponsel mem-boot antarmuka pengguna ColorOS 7.2 berbasis Android 10. Ponsel ini ditenagai baterai 4.015 mAh, didukung 30W VOOC Flash Charge 4.0.

Ponsel ini menangani sebagian besar tugas sehari-hari dengan mudah. Beban kerja prosesor dan grafis yang intensif tidak terlalu menjadi masalah, tetapi jangan berharap kinerja ekstrem yang Anda dapatkan, katakanlah, smartphone premium kelas atas. Pengalaman bermain game layak, jika tidak sempurna. Ponsel ini menghadapi sedikit kelambatan pada pengaturan grafis maksimum dalam judul game populer seperti Call of Duty.

Pengalaman pengguna serupa dengan yang Anda dapatkan di kebanyakan ponsel OPPO. Meskipun ponsel dikirimkan dengan UI khusus yang dilapisi di atas OS Android, itu tidak terasa sepenuhnya berbeda dan berfungsi kurang lebih dengan cara yang sama seperti Android bawaan. Menariknya, aplikasi telepon dan perpesanan OPPO kini digantikan oleh versi Google dan keyboard bawaannya juga Gboard. UI memiliki tampilan dan nuansa tampilan yang matang dan terasa dioptimalkan. Ada beberapa bloatware tetapi sebagian besar merupakan bagian dari ekosistem OPPO, bukan aplikasi pihak ketiga.

OPPO F17 Pro memiliki waktu baterai yang layak: ia berlayar sepanjang hari dengan penggunaan beragam – streaming multimedia, pencitraan, panggilan video dan suara, olahpesan, internet dan penelusuran media sosial. Waktu pengisian daya cepat dan telepon membutuhkan waktu sekitar satu setengah jam untuk mengisi ulang baterai yang benar-benar habis hingga penuh. Untungnya, tidak ada masalah termal di sini saat mengisi daya atau sebaliknya dan ponsel mempertahankan suhu sedang bahkan jika Anda menggunakannya dengan berat.

Review OPPO F17 Pro: Putusan

OPPO F17 Pro adalah salah satu dari sedikit ponsel yang mencentang semua kotak yang tepat dan membenarkan harganya. Ini mungkin bukan smartphone yang sempurna, tetapi berfungsi dengan baik di hampir setiap parameter. Selain itu, ia memiliki desain dan build yang hanya dapat ditandingi oleh beberapa segmen. OPPO F17 Pro adalah yang mudah untuk direkomendasikan. Namun, periksa Realme 7 Pro (ulasan) dan OnePlus Nord (ulasan) sebelum menyelesaikan pilihan Anda.

Leave a Reply