media penyimpanan data komputer

Media Penyimpanan Data Komputer

Media penyimpanan data adalah sebuah alat yang digunakan untuk menyimpan data dan program pengguna. Data-data tersebut bisa dibaca dan dibuka untuk kemudian diproses kembali ke komputer ataupun laptop.

Sebenarnya, media penyimpanan data ada banyak macamnya. Namun, pada komputer setidaknya ada 3 yang harus diketahui. Adapun macam-macam media penyimpanan data komputer adalah sebagai berikut:

  1. Magnetic Storage Media
  2. Optical Disk
  3. Cloud Storage

Apakah Anda masih asing dengan istilah-istilah di atas? Jika ya, tenang saja, pada kesempatan kali ini kami akan memaparkan penjelasan terkait media penyimpanan data komputer.

Artikel ini kami rangkum dari Wikipedia dan salah satu blog yang membahas tentang teknologi juga yaitu charis.id. Berikut adalah hasil rangkuman yang didapatkan.

Magnetic Storage Media

media penyimpanan magnetic

ziglinkit.com

Magnetic Storage Media adalah media penyimpanan sekunder yang banyak digunakan pada sistem operasi modern. Saat digunakan, motor drive akan berputar dengan kecepatan yang tinggi. Permukaan disk terbagi atas beberapa track, track tersebut masih terbagi lagi menjadi beberapa sector.

Nah, masalah kerusakan yang sering terjadi pada media penyimpanan ini adalah bad sector, terutama pada hardisk. Jika sudah begitu, mau tidak mau harus memperbaiki hardisk rusak dengan membawanya ke tukang service hardisk, atau kalau Anda memang ahli bisa memperbaikinya sendiri.

Adapun macam-macam penyimpanan magnetic disk adalah sebagai berikut:

  1. Floppy Disk:  adalah media penyimpanan yang memiliki fisik terbungkus oleh plastic protektif tipis dan keras.
  2. Hardisk: adalah media penyimpanan yang memiliki fungsi menyimpan data permanen pada komputer. Karena bersifat non-volatile, maka saat komputer dimatikan sekalipun, data yang ada akan tetap tersimpan.
  3. Hardisk Eksternal: adalah media penyimpanan tambahan yang hampir mirip dengan flashdisk. Bedanya, ukuran hardisk eksternal lebih besar, bahkan sama dengan hardisk internal.
  4. Flashdisk: adalah media penyimpanan yang memiliki kapasitas cukup besar, biasanya sering digunakan untuk menyimpan tugas-tugas sekolah.
  5. Memory Card: adalah media penyimpanan yang banyak dipakai pada perangkat elektronik seperti komputer, kamera, laptop, ipod, dan lainnya.

Optical Disk

media penyimpanan optical

interestingengineering.com

Optical disk adalah media penyimpanan data yang dapat ditulis dan dibaca dengan sinar lase bertenaga rendah. Adapun macam-macam media optical disk yang sering dijumpai adalah sebagai berikut:

  1. CD (Compact Disk): yaitu disk yang menyimpan informasi audio yang telah di digtasi. Isi dari disk ini tidak dapat dihapus karena memang tidak ada fitur write. System standar disk ini menggunakan disk 12 cm yang mampu merekam lebih dari 60 menit waktu putar tanpa henti.
  2. CD-ROM (Compact Disk Read-Only Memory): yaitu disk yang menyimpan data komputer dan tidak dapat dihapus. System standar yang digunakan disk ini adalah disk 12 cm ang mampu menampung lebih dari 500 Mbyte.
  3. CD-R (Compact Disk Recordables): yaitu disk yang sering digunakan untuk master CD dan photo CD. Lapisan reflektif biasanya terbuat dari emas sehingga berwarna kekuningan. Untuk kapasitasnya sendiri tetap sama dengan CD lainnya.
  4. CD-RW (Compact Disk Re-Writer): yaitu generasi CD yang bisa ditulis dan dihapus berulang-ulang. Yang membedakan disk ini dengan CD-R hanyalah fitur tulis ulang saja, untuk yang lainnya tetap sama.
  5. DVD (Digital Vesatile Disk): yaitu jenis CD yang memiliki pita data lebih kecil dan spiral data lebih rapat sehingga kapasitasnya bisa sangat besar yaitu mencapai 4.7GB.

Cloud Storage

media penyimpanan cloud

pcworld.com

Cloud storage merupakan media penyimpanan data yang bisa diakses kapan saja dan dimana saja. Media ini diakses penggunanya melalui perantara jaringan yang terintegrasi dan sinkron dengan internet.

Cloud storage sudah mulai banyak digunakan saat ini. Bahkan Windows juga mengembangkan media penyimpanan ini yang diberi nama Microsoft OneDrive.

Demikianlah artikel seputar media menyimpanan data komputer. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua terkait penyimpanan komputer.

Leave a Reply