Masakan Jawa

Masakan Jawa

Saat kamu berkunjung ke Jawa Tengah, maka kamu perlu mencicipi masakan Jawa dengan bumbu rempahnya yang khas.

Ketika kamu ingin merasakannya kembali namun tidak dapat mengunjungi Jawa, maka akan lebih baik saat kamu membuat sendiri dengan resep sederhana.

Pada dasarnya bahan dan rempah yang digunakan untuk masakan Jawa sangat sederhana. Kamu dapat menemukannya dengan mudah di pasar tradisional.

Nah, Sekarang kamu bisa mulai bersiap untuk memasak berbagai masakan khas Jawa.

Masakan Khas Jawa yang Mudah Dibuat

Masakan Jawa

Berikut daftar masakan tradisional Jawa yang dapat kamu masak sendiri di dapur. Dengan mengikuti langkah sederhana, kamu dapat segera menyajikannya untuk segenap keluarga.

Nasi Liwet

Persiapkan beberapa bahan seperti beras, daun salam, santan, telur ayam, ayam kampung, santan kental, ampas kelapa parut, garam, dan bawang merah.

Didihkan sebagian santan dengan garam dan daun salam, kemudian rebus ayam di santan tersebut.

Masukan bawang merah dan setelah matang suwir ayam dan tuang sisa santan rebus ayam pada sisa santan encer.

Sisa santan tersebut dituangkan ke beras dengan menambahkan garam secukupnya dan daun salam masak hingga santan meresap ke beras.

Kocok telur dengan 3 sdm santan dan garam kemudian kukus pada wadah dan angkat setelah 20 menit dan potong sesuai selera. Nasi liwet siap dihidangkan.

Lumpia Semarang

Buat isian lumpia dengan daging ayam cincang, merica bubuk, bawang merah, bawang bombay, bawang putih, kaldu ayam bubuk, daun bawang, garam, dan gula.

Tumis semua bahan hingga matang dan gunakan sedikit air kaldu ayam bubuk. Setelah matang, angkat dan kemudian tiriskan.

Ambil kulit lumpia, dan masukan isian kemudian lipat kulitnya kemudian rekatkan dengan telur yang sudah dikocok.

Goreng lumpia dengan minyak panas hingga warnanya menjadi kuning keemasan. Kemudian angkat lumpia dan tiriskan.

Sup Matahari

Salah satu masakan tradisional jawa sangat populer dan mudah dibuat.

Kamu dapat membuatnya dengan telur dadar dan potongan kecil dari wortel. Kukus bahan tersebut degan jagung pipil hingga matang.

Kemudian, kamu dapat mencampur ayam giling dengan tepung bumbu, telur, dan daun bawang. Aduk hingga rata kemudian kukus dalam waktu sekitar 30 menit.

Terakhir tumis irisan bawang bombay, bawang putih halus, merica, garam, tambahkan royco dan gula pasir.

Mie Ongklok

Selanjutnya adalah mie ongklok yang sudah pasti menggoda selera.

Pertama kamu harus mempersiapkan bumbu halus yang terdiri dari 3 siung bawang putih, ubi kering, bawang merah, garam dan merica bubuk.

Tumis bumbu halus dengan menambahkan saus tiram dan kecap manis aduk hingga rata.

Tuangkan kaldu sapi dan masak hingga mendidih dengan tambahan gula, garam, dan larutan maizena.

Setelah kental, kuah dapat dituangkan diatas mie dan hidangkan dengan taburan bawang goreng.

Nasi Gandul

Menu ini dapat kamu persiapkan dengan merebus daging dengan empuk. Buat bumbu rempah halus yang terdiri dari bawang merah, kemiri, merica bubuk, bawang putih, kluwak, jinten, kencur, dan ketumbar sangrai.

Tumis bumbu halus dan tambahkan serai, lengkuas, dan daun salam.

Kemudian masukan air dan masak hingga daging berubah warna. Tuang 2 liter air dan santan kelapa kemudian tambahkan gula jawa, garam, kaldu jamur dan kecap manis.

Masak hingga meresap dengan api kecil.

Nasi Goreng Jawa

Yaps, kamu tak salah dengar. Meski nasi goreng dapat ditemukan di seluruh penjuru nusantara, tapi daerah Jawa punya ciri khasnya sendiri.

Pernah ngga kamu menemukan warung nasi goreng dipinggir jalan dan menyediakan menu satu ini? Meskipun ada menu lain seperti nasgor gila, nasgor mawut dan sebagainya.

Nah, kamu bisa mengikuti cara membuat nasi goreng Jawa ini melalui website Tasty Nesia. Bukan hanya itu saja, di situs tersebut juga menyediakan beragam resep masakan indonesia lainnya.

Berbagai menu masakan Jawa dapat kamu buat dengan mudah. Jangan lewatkan kessempatan kamu untuk berkreasi di dapur dengan bahan dan bumbu rempah sederhana namun hasil masakannya pasti istimewa.

Leave a Reply