Gambar Lantai Kayu Jati

Lantai Kayu Rumah Terbaik

Berbicara bahan lantai saat ini sudah banyak sekali jenis-jenis produksi lantai kayu yang menggugah para peminat untuk beralis dari keramik menjadi kayu.

Disamping karena banyak manfaat bagi keluarga juga bagi diri sendiri sangat bermanfaat untuk kesehatan. Untuk mendapatkan manfaat terbaik maka lantai kayu anda juga harus berkualitas terbaik.

Beberapa kayu lantai yang digunakan terkadang meninggalkan tingkat kualitas karena dikejar oleh permintaan pasar. Tingkat kualitas yang dimaksudkan adalah dilihat dari umur kayu dan juga kepadatan kayu.

Yang paling baik adalah melihat umur dari pohon kayu tersebut. Semakin tua umurnya maka akan semakin bagus kualitas dan kepadatan kayu.

Cara Menentukan Umur Kayu Jati

Cara menentukan umur kayu jati untuk melihat kualitasnya yang paling mudah adalah langsung mempertanyakan kepada penjualnya.

Namun kadang informasi yang didapatkan tidak valid karena merasa barang dagangannya harus segera laku. Itulah sebabnya terkadang mereka memberikan informasi yang tidak sesuai.

Untuk mengantisipasi hal itu, anda sendiri juga harus tahu cara membedakan umur kayu saat akan membeli lantai kayu jati.

Pada permukaan kayu akan terlihat motif-motif tertentu yang kadang diperjelas dengan sentuhan cat lapisan yang bertujuan juga untuk melindungi kayu dari grogotan kumbang kayu.

Beberapa cara melihat umur kayu :

  1. Motif kayu

Motif kayu memperlihatkan umur kayu tersebut, karena semakin pekat atau semakin jarang motifnya berarti semakin lama juga umur kayu tersebut. Jarang yang dimaksudkan adalah bahwa motif yang diperlihatkan tidak terlalu ramai dan jaraknya sekitar 5-8 cm. Lantai kayu yang dijual biasanya memilih motif dengan corak yang terbaik.

  1. Jumlah lingkaran

Pohon menghasilkan satu cincin lingkaran setiap tahunnya, pohon dengan semakin banyak lingkaran maka menandakan umur pohon yang semakin tua. Tebal tipisnya cincin lingkaran yang ada dalam serat pohon tergantung juga cuaca yang didahapi setiap tahunnya. Pohon yang hidup ditempat-tempat ekstrim tidak menunjukkan lingkaran cincin yang signifikan.

  1. Melihat daya tahan kayu

Daya tahan kayu yang sudah anda beli juga menunjukkan umur kayu sebelum ditebang. Jika dia hanya bertahan dalam 5-10 tahun maka umurnya kurang kurang dari 20 tahun. Jika kayu bertahan lebih dari itu maka umurnya juga dipastikan lebih dari itu. Kayu dengan umur panen yang terlalu muda juga menyebabkan kayu mudah rusak, kropos dan habis oleh kumbang kayu.

Kualitas Kayu Indonesia

Indonesia termasuk negara ekspor kayu yang sangat besar peringkat ke 13 di seluruh dunia. Kayu Indonesia di hasilkan dari beberapa daerah yaitu :

  1. Jawa Timur
  2. Kalimantan
  3. Sumatera
  4. Sulawesi

Beberapa wilayah ini termasuk daerah produsen kayu terbesar di Indonesia sehingga menempati urutan keempat ekspor kayu di dunia.

Kayu yang di ekspor biasanya di buat menjadi ukiran-ukiran dan barang-barang kerajinan. Hal ini diperlukan untuk meningkatkan harga jual produksi barang ekspor dari Indonesia.

Kualitas kayu di Indonesia kurang baik karena situasi wilayah di Indonesia yang dalam hal ini iklim tropis tidak begitu bagus untuk pengembangbiakan kayu.

Di wilayah-wilayah produsen kayu yang disebutkan sebelumnya adalah merupakan wilayah dengan curah hujan sangat sedikit atau dikenal juga dengan musim kemarau yang panjang.

Dengan kondisi wilayah seperti itu, produksi kayu atau lantai kayu yang dihasilkan bisa tembus ke pasar global.

Dibandingkan dengan kayu yang dihasilkan dari wilayah tropis atau wilayah dengan curah hujan dan musim panas yang seimbang cukup buruk untuk memenuhi standar ekspor keluar negeri.

Leave a Reply