Kumpulan-Doa-Agar-Cerdas-dan-Pintar

Kumpulan Doa Agar Bisa Sukses Dan Pintar

Orang tua sebagai sosialisasi primer bagi anak tentu harus memberikan arahan dalam bentuk lisan maupun non lisan.

Bagi Anda yang menganut agama Islam pasti mengedepankan sikap tawakkal, yaitu selain berusaha dengan sungguh-sungguh juga disertai dengan doa dengan tujuan kesuksesan dan keppintaran yang menjadi idaman semua orang.

Meskipun kesuksesan setiap anak berbeda sesuai rezeki yang telah ditetapkan, namun dalam proses pencapaian juga harus melalui beberapa tahapan yang tidak instan.

Selain itu, alangkah baiknya jika seorang anak yang belajar berdoa agar diberi kemudahan dalam mempelajari berbagai hal.

5 Doa Agar Bisa Sukses dan Pintar

Ingin tahu doa apa saja yang dapat membantu Anda untuk sukses dan pintar?

Simak ulasannya lengkap di bawah ini.

1. Doa Sebelum Belajar

Sebelum belajar, alangkah baiknya untuk beristighfar terlebih dahulu. Hal ini bertujuan meminta ampun kepada Allah agar dosa-dosa kita dihapuskan sehingga diberi kemudahan untuk menerima pelajaran.

Masing-masing anak memiliki daya tangkap yang berbeda dalam menerima dan mencerna suatu pelajaran.

Oleh karena itu seorang anak harus berdoa terlebih dahulu sebelum belajar agar mendapatkan kemudahan dalam proses belajarnya.

Biasanya pada saat di Sekolah Dasar, doa sebelum belajar ini selalu dilafalkan secara bersama-sama dengan teman satu kelas di sekolah negeri maupun sekolah agama Islam.

Bacaan Doa Sebelum Belajar

رَضِتُ بِااللهِ رَبَا وَبِالْاِسْلاَمِ دِيْنَا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيَا وَرَسُوْلاَ رَبِّ زِدْ نِيْ عِلْمًـاوَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا

“Radhitubillahirobba wabil islamidinaa wabimuhammadinnabiyyawwarosulaa rabbizidni’ilma warzuqnifahma”

Artinya :

“Kami ridha Allah sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasulku. Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik”.

2. Doa Sesudah Belajar

Setelah belajar, alangkah baiknya untuk menutupnya dengan doa agar ilmu yang telah dipelajari dapat menetap dalam pikiran dan dapat bermanfaat di kemudian hari.

Doa sesudah belajar ini biasanya juga dibacakan bersama-sama setelah mengakhiri pelajaran di bangku Sekolah Dasar maupun sekolah agama Islam.

Bacaan Doa sesudah belajar

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اِسْتَوْدِعُكَ مَاعَلَّمْتَنِيْهِ فَارْدُدْهُ اِلَىَّ عِنْدَ حَاجَتِىْ وَلاَ تَنْسَنِيْهِ يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ

“Allahumma inni istudi’ukamaa’allamtaniihi fardudhuilla’inda haajatii walaatansaniihi yaarobbal’alamiin”

Artinya :

“Ya Allah, sesungguhnya ku titipkan kepadaMu apa yang telah Engkau ajarkan kepadaku, maka kembalikanlah dia kepadaku disaat akau membutuhkannya. Janganlah Engkau buat aku lupa kepadanya. Wahai Tuhan pemelihara alam”.

3. Doa Agar Cerdas dan Sukses

Jika dilafalkan setiap hari, maka doa ini dapat mencerdaskan dan mensukseskan Anda dalam hidup. Terutama ketika dilafalkan oleh orang tua yang mengandungnya.

Bacaan Doa Agar Cerdas

الّلهُمَ اجْعَلْهُ صَحِيْحًا كَامِلاً وَعَاقِلًا حَاذِقًا وَعَاِلمًا عَامِلًا

“Allahummaj’alhu shohiihankaamilaawwa’aaqilaa haadziqowwa’aaliman’aamilan.”

Artinya :

“Ya Allah, jadikanlah ia anak yang sehat dan sempurna, memilki akal cerdas, dan memiliki ilmu juga beramal”

Dengan doa ini, Anda dapat meminta kepada Allah anak yang diberi kecerdasan dalam berfikir dan berilmu sehingga dapat memudahkan untuk beramal di dunia nyata dan bermanfaat kepada masyarakat.

4. Doa Bertakwa kepada Allah

Takwa merupakan salah satu sifat yang membedakan umat Islam dengan umat yang lainnya.

Meskipun diberi pengetahuan sejak kecil, alangkah baiknya untuk berdoa agar selalu diberi sikap takwa karena pada dasarnya Allah yang maha membolak balikkan hati manusia.

Bacaan Doa Bertakwa

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

“Rabbanaahablanaamin azwajinaa wadzurriyyatinaa qurrataa’yuniiwwauj’alnaa lilmuttaqiinaimaamaa.”

Artinya :

“Ya Rabb kami, limpahkanlah kepada kami, isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati, dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.”

Doa ini memiliki arti agar yang berdoa mendapatkan keturunan yang diberi ketakwaan sehingga dapat menjadi imam.

5. Doa Agar Rajin Shalat

Shalat merupakan salah satu ibadah yang wajib dijalankan oleh umat Islam. Shalat merupakan salah satu ibadah yang mampu menunjukkan bagaimana seseorang menjadi umat yang bertakwa.

Shalat juga memiliki keutamaan yaitu menjadi dasar bagi seorang mukmin untuk melakukan perbuatan yang baik.

Bacaan Doa Agar Rajin Shalat

رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلَاةِ وَمِنْ ذُرِّيَّتِي رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاءِ

“Rabbiij’alnii muqiimassholaati waminzurriyyatii rabbanaa wataqabbaldu’i.”

Doa ini memiliki arti agar yang berdoa dan keturunannya diberi waktu dan kemudahan untuk mendirikan shalat.

Selain doa yang dapat diucapkan secara istiqomah, tentu saja harus diiringi dengan bentuk usaha semaksimal mungkin agar memperoleh hasil yang juga maksimal.

Doa-doa di atas dapat menjadi salah satu alat bantu yang dapat menjadi upaya sambilan sehingga lebih berkah.

Doa-doa di atas tentunya memiliki arti yang baik dan merupakan salah satu bentuk upaya untuk menjadikan Anda dan keturunan selalu dalam lindungan Allah. Doa-doa tersebut untuk mendapatkan kecerdasan dan kepintaran.

Silahkan kunjungi https://wisatanabawi.com untuk mengetahui berbagai info tentang berbagai doa sehari-hari, puasa dan sholat.

Leave a Reply