Kelebihan SMK

Kelebihan SMK

Setiap jenjang pendidikan, pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, baik itu SMK maupun SMA. Namun, dalam artikel ini pembahasannya bukan membanding-bandingkan mana yang lebih bagus antara SMK atau SMA, melainkan sekadar membahas kelebihan SMK saja.

SMK merupakan singkatan dari Sekolah Menengah Kejuruan, yaitu salah satu jenjang pendidikan menengah yang memiliki tujuan mempersiapkan lulusannya agar siap bekerja. Pengertian SMK itu bermacam-macam, namun tidak bisa dibahas dalam artikel ini, karena kali ini akan fokus pada kelebihan SMK saja.

Bagi yang akan melanjutkan sekolah ke SMK, setidaknya Anda harus tahu apa sih kelebihan dari SMK. Dengan begitu, Anda akan menjadi lebih sadar akan tujuan memilih SMK. Berikut ini adalah beberapa kelebihan SMK yang harus Anda ketahui:

1. Pengembangan Potensi Keahlian

Saat masuk SMK, Anda diharuskan memilih satu bidang keahlian yang sesuai. Ini bertujuan agar nantinya Anda lebih fokus mengejar apa yang diinginkan ataupun potensi apa yang ingin dikembangkan.

Pengembangan potensi keahlian di SMK bukan hanya dilakukan dengan teori saja, melainkan dengan praktik. Praktik SMK sendiri bukan hanya dilakukan di sekolah saja, ada salah satu program unggulan SMK yang bernama prakerin.

Prakerin merupakan kegiatan tambahan yang ditujukan agar keahlian siswa semakin bertambah. Siswa akan melaksanakan kegiatan tersebut di perusahaan atau bidang usaha yang sesuai dengan keahlian.

Setelah melaksanakan prakerin, siswa juga diharuskan mengerjakan laporan prakerin sebagai bentuk bukti kalau kegiatan memang sudah usai. Oh ya, untuk berjaga-jaga, Anda juga bisa membaca contoh laporan prakerin sebagai referensi karena setelah Anda kelas XI, kegiatan prakerin sudah menanti.

2. Mudah Mendapat Pekerjaan

“Mudah” disini bukan berarti lulus langsung dapat kerja ya, namun lebih ke arah “banyak perusahaan yang membutuhkan lulusan SMK, jadi peluang kerja sangat besar”. Namun itu semua juga tergantung dari pribadi masing-masing siswa.

Jika siswa enggan berusaha mengajukan lamaran pekerjaan, ya pasti sulit juga untuk mudah dapat pekerjaan. Jadi intinya, potensi keahlian yang dimiliki lulusan SMK juga harus didukung oleh niat yang kuat untuk mencari pekerjaan.

Toh, lowongan pekerjaan yang sesuai dengan lulusan SMK juga banyak kok. Semisal jurusan Anda adalah Teknik Geologi Pertambangan, maka Anda bisa mengajukan lamaran pekerjaan ke perusahaan tambang yang mayoritas di Kalimantan.

3. Bisa Melanjutkan Kuliah

Kuliah ini sifatnya opsional ya untuk siswa SMK, karena pada dasarnya memang sudah memiliki skill untuk berkecimpung di dunia kerja. Tapi bagi yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi, maka bukan suatu masalah juga.

Dengan melanjutkan kuliah, maka keahlian Anda juga akan bertambah. Bukan hanya itu, Anda juga akan memiliki banyak kenalan. Dengan begitu, relasi Anda dengan orang yang memiliki keahlian sama bisa dimanfaatkan untuk sesuatu yang menghasilkan uang, misal buka bengkel atau buka jasa yang ada hubungannya dengan bidang keahlian.

Oh ya, bagi lulusan SMK yang sudah terlanjur bekerja namun masih memiliki keinginan untuk kuliah, maka kedua aktivitas tersebut tetap bisa dilakukan. Anda bisa memilih jam pelajaran yang sekiranya tidak tabrakan dengan jam kerja Anda.

Tapi, ada tapinya loh ya, Anda juga harus memikirkan hal tersebut matang-matang, terlebih yang berhubungan dengan pembagian waktu. Anda juga harus ingat kalau kesibukan yang dilakukan juga memerlukan istirahat.

Nah itulah beberapa kelebihan SMK yang harus Anda ketahui. “Hah, cuma itu aja kelebihannya?” Tentu tidak dong, itu hanya sebagian saja, kalau digali lebih dalam pasti masih banyak kelebihan lainnya.

Demikianlah artikel mengenai kelebihan SMK. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita semua.

Leave a Reply