Internet Marketing: Pengertian, Jenis, Strategi dan Contohnya

Pada era digitalisasi saat ini banyak orang yang mengakses berbagai informasi terbaru melalui internet. Pemakaiannya juga tak hanya sekedar untuk kebutuhan menampilkan informasi saja. Namun, pada saat ini juga dapat digunakan untuk kegiatan bisnis. Salah satunya dengan cara menerapkan strategi internet marketing yang tepat.

Pada artikel kali ini, kami akan sedikit membahas tentang apa itu internet marketing, tujuan, strategi, sehingga manfaat yang dimilikinya untuk kemajuan sebuah bisnis. Sehingga, Anda juga bisa mencoba mengimplementasikannya untuk membuat dan juga mengembangkan bisnis secara online.

Apa Itu Internet Marketing?

Internet marketing merupakan salah satu jenis strategi pemasaran yang dilakukan dengan memakai bantuan internet melalui berbagai media atau platform berbasis online. Misalnya platform yang biasa digunakan yaitu website, email, blog, media sosial dan juga mesin pencari.

Selain itu, internet marketing ini bisa dikatakan sebagai online marketing.Dimana segala proses pemasaran ini dilakukan secara online dengan bantuan teknologi digital yang ada. Namun, prinsip dari pemasarannya tidak jauh berbeda dengan metode konvensional.

Tujuan Internet Marketing

Tujuan dari internet marketing ini sendiri yaitu untuk mendapatkan konsumen yang lebih luas dan juga b banyak. Melalui jaringan internet, Anda bisa terhubung dengan berbagai sumber dan konsumen yang jauh lebih luas. Bahkan tidak terbatas hanya pada suatu daerah saja, namun berskala global.

Sekitar 78% pengunjung internet melakukan jual beli barang atau jasa. Oleh sebab itu, pemakaian platform online juga semakin meningkat dan bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan sebuah produk pada bisnis yang Anda jalankan.

Dengan melakukan sebuah promosi, maka konsumen akan semakin aware dan lebih tertarik untuk menggunakan produk Anda. Semakin banyak konsumen yang datang, maka trafik pengunjung dari website atau platform Anda akan semakin banyak.

Selain itu, Anda juga bisa memberikan berbagai informasi menarik dan terbaru melalui sebuah website dalam bentuk tulisan artikel.

Ciri-ciri Internet Marketing

Konsep pemasaran secara digital atau internet marketing mempunyai ciri-ciri sebagai berikut ini:

  • Tips promosi akan lebih fleksibel dan terpencar, seperti lewat artikel, update blog, status media sosial, twitter dan lainnya.
  • Ruang lingkup promosi lebih luas, ditujukan untuk siapa saja dan juga di mana saja.
  • Komunikasi dengan konsumen akan lebih responsif dan terbuka.
  • Komunikasi banyak arah-baik penjual atau pembeli sama-sama aktif untuk mendiskusikan produk.

Strategi Internet Marketing untuk Bisnis

Di dalam proses internet marketing ada bermacam-macam kegiatan yang membuat proses promosi dan juga jualan menjadi lebih lancar serta efektif. Apa saja strateginya? Berikut adalah penjelasannya:

1. Website

Website yang sudah menjadi ruang untuk segala bentuk informasi terkait bisnis harus Anda miliki sejak awal.

2. SEO

Sekarang ini SEO (Search Engine Optimization) sangat penting untuk dilakukan di dalam website bisnis melalui optimasi keyword dan pembuatan yang mempunyai value. Hal ini membuat website Anda semakin banyak untuk dikunjungi.

3. SEM (Search Engine Marketing

SEM ini terdiri dari memasangkan iklan di Google Ads dan Pay Per Click (PPC) yang bisa memastikan bisnis Anda lebih cepat dilihat oleh calon konsumen.

4. E-Commerce

Jika memang memungkinkan, produk Anda bisa dipasarkan juga melalui e-commerce agar semakin mudah untuk dicari.

5. Email Marketing

‘Anda bisa memaksimalkan sistem subscribe email melalui website agar ada update terbaru tentang produk atau promosi terbaru yang dikirimkan ke setiap konsumen.

6. Social Media Marketing

Ya, media sosial masih tetap relevan sampai sekarang ini sebab untuk wilayah Indonesia sendiri, sangat banyak penggunanya. Sudah pasti terdapat calon konsumen yang bisa Anda dapatkan di sana.

7. Sales

Meskipun memakai internet marketing, bisnis Anda harus mempunyai tim Sales yang handal dan mengerti bagaimana mengkombinasikan teknologi dan marketing tradisional.

Internet marketing ini dapat menjadi solusi terbaik Anda untuk mengenalkan produk ke masyarakat sekaligus bisa meningkatkan volume penjualan. Jadi, kapan sebaiknya Anda memulai metode pemasaran online semacam ini?.

Demikian sedikit penjelasan tentang apa itu marketing online, semoga dengan adanya artikel diatas bisa menambah pengetahuan Anda tentang dunia marketing online. Sekian dan terimakasih.

Leave a Reply