jenis kayu untuk kitchen set

Harga Kayu Kitchen Set

Banyak kayu yang tersedia secara komersial dan dapat digunakan untuk membuat lemari, perabot, cetakan dan pekerjaan pabrik lainnya.

Pilihan bahan kayu ini hanya masalah selera, preferensi dan ketersediaan. Semua orang menginginkan dapur modular untuk memudahkan pengalaman memasak mereka.

Namun, seberapa banyak yang Anda ketahui tentang dapur modern?

Tidak seperti dapur tradisional, dapur modern dibuat dengan memasang modul yang berbeda agar sesuai dengan ukuran dan utilitas dapur. Yuk, kenali jenis kayu untuk kitchen set dapur beserta harga.

Kayu Jati

Kayu jati dikenal luas di dunia karena daya tahan dan stabilitasnya.

Kayu ini sangat stabil, memiliki kandungan minyak yang tinggi dan berfungsi sebagai anti air alami “built-in” dan karenanya kitchen yang terbuat dari kayu ini akan kebal terhadap busuk, jamur, dan bahan kimia keras.

Jati adalah salah satu dari sedikit kayu yang dapat menahan panasnya gurun dan tidak akan mudah terbakar. Jati juga adalah salah satu kayu yang tidak rentan terhadap serangan rayap.

Jati memiliki tingkat daya tahan alami yang tinggi, cukup keras, kuat dan tahan lama, mampu menahan panas dan dingin yang ekstrem.

Membuat kitchen set dari bahan jati akan membuat properti bertahan lama hingga seumur hidup Kekuatannya merupakan nilai tambah nyata bagi para perancang furnitur, yang dapat menghasilkan beragam potongan.

Kayu Sungkai

Jenis kayu selanjutnya adalah kayu sungkai yang mana kayu ini sangat umum sekali ditemukan di Indonesia.

Sungkai adalah sebuah tanaman yang hidup di daerah tropis dataran rendah dan ditemukan pada ketinggian mulai dari permukaan laut hingga 600, terkadang 303 meter.

Tanaman ini tidak bertahan lama dalam kondisi yang sangat kering. Jadi jika Anda berada di daerah yang lembab, kitchen set yang terbuat dari kayu sungkai bisa menjadi alternatif pilihan Anda.

Sebaliknya, Anda yang hidup di daerah yang cenderung panas, sangat tidak disarankan untuk memilih kitchen set yang terbuat dari bahan kayu sungkai.

Kayu ini memiliki karakteristik kuat, ringan namun tidak tahan lama. Selain dibuat menjadi kitchen set, kayu ini juga sering digunakan untuk membuat pilar di rumah, pelapis interior, dan terutama untuk rangka atap karena ringan dan kuat.

Kayu Lapis

Kayu lapis atau plywood adalah pelapis yang diikat menjadi satu untuk menghasilkan lembaran datar.

Plywood adalah produk yang sangat serbaguna sekali dan banyak digunakan untuk membuat berbagai properti dan furnitur, tidak hanya kitchen set saja.

Plywood menawarkan semua keunggulan yang melekat dari kayu induk ditambah properti yang ditingkatkan dalam struktur laminasi.

Kayu lapis tidak menimbulkan korosi dan dapat digunakan dalam pekerjaan kimia dan kitchen set yang terbuat dari kayu lapis ini  akan tahan lama saat dirawat dengan pengawet.

Kayu lapis juga merupakan bahan yang hemat biaya.

Particle Board

Particle board adalah bahan yang banyak digunakan dalam industri bangunan dan salah satunya adalah kitchen set.

Kayu satu ini dibuat dengan menempatkan serpihan kayu, serat atau bahkan potongan kayu kecil di bawah tekanan kuat dengan lem.

Kekurangaan furnitur papan partikel adalah pengguna harus sangat hati-hati dalam merawat kitchen set yang terbuat dari bahan ini karena dapat dengan mudah rusak saat tidak ditangani dengan tepat.

Papan partikel memiliki daya tahan yang rendah dibandingkan dengan bahan fiberboard and plywood.

Ketahanan terhadap kelembaban juga rendah sehingga itu adalah kelemahan utama dari furnitur yang terbuat dari bahan particle board.

Jika ditempatkan di daerah lembab, maka kayu jenis ini akan berubah bentuk entah itu mengembang atau  melengkung.

Kemudian dalam kondisi ekstrim kitchen set dari bahan ini juga bisa mengalami perubahan warna.

Medium Density Fiberboard (MDF)

Medium density fiberboard adalah jenis produk kayu komposit. Banyak orang menyebutnya sebagai MDF. MDF tercipta dari serat kayu kecil dan menempelkannya bersama dengan resin di bawah panas dan tekanan yang ekstrim.

Salah satu kelebihan dari bahan MDF adalah harganya murah. Dengan memilih untuk menggunakan kitchen set yang terbuat dari MDF, Anda dapat menghemat uang untuk digunakan pada hal-hal lain.

Tentu saja dengan biaya yang murah ini memberi Anda banyak fleksibilitas dalam hal anggaran rumah tangga Anda lainnya.

Harganya?

Berikut adalah kisaran harga kayu per meternya:

Nama KayuHarga
Kayu JatiRp 15 juta
Kayu sungkaiRp 9 juta
PlywoodRp 300.000 15mm
Particle boardRp 140.000/15mm
MDFRp 100.000/9mm

Bagaimana?

Apakah ulasan jenis kayu untuk kitchen set beserta harga bisa memberi Anda tambahan informasi yang berguna untuk membantu Anda memilih kitchen set yang tepat?

Belilah kitchen set yang sesuai dengan anggaran Anda dan rawat dengan sebaik mungkin.

Leave a Reply