Harga dan Spesifikasi Realme 3 Pro

Sempat menggebrak pasar smartphone di Indonesia dengan produk Realme 3, kini Realme kembali merilis smartphone terbaru mereka dengan mengusung spesifikasi serta harga yang cukup mengejutkan yakni Realme 3 Pro. Selain mempunyai peningkatan dari versi regulernya, ponsel ini juga memiliki spesifikasi da fitur yang sering digunakan oleh smartphone flagship masa kini.

Realme menghadirkan seri 3 Pro ini untuk menjawab kebutuhan akan smartphone flagship terjangkau dan cocok untuk kantong kalangan anak muda. Dapat dikatakan bahwa ponsel ini merupakan salah satu smartphone dalam kelas flagship yang memiliki harga dibawah rata-rata smartphone flagship lainnya. Meskipun begitu, namun spesifikasi yang diusung juga tidak bisa diremehkan.

 

Bocoran Realme 3 Pro

Realme 3 Pro akan hadir dengan mengusung Snapdragon 710 sebagai dapur pacunya. Snapdragon 710 ini akan dipadukan dengan RAM yang memiliki kapasitas sebesar 6 GB. Sedangkan untuk layar, Realme memberi layar berukuran 6,3 inch dengan kualitas FullHD+ untuk smartphone ini. Hal ini menunjukan jika 3 Pro tersebut layak berada dalam jajaran smartphone flagship.

Tidak hanya itu, Realme juga telah menanamkan fitur fingerprint atau pemindai sidik jari pada 3 Pro. Smarphone ini juga membawa Bluetooth 5.0 serta WiFi berkecepatan 50 GHz. Untuk baterai, smartphone ini hanya menggunakan baterai berkapasitas 3.960 mAh. Meskipun daya baterai tersebut tergolong kecil untuk flagship, pengisian baterai ini telah didukung oleh teknologi VOOC 3.0.

Selain itu, seri 3 Pro ini menggunakan Color OS versi 6.0 dan sistem operasi Android 9 Pie. Dalam hal kamera, Realme 3 Pro diduga akan membawa kamera selfie dengan resolusi yang berkisar antara 12 MP hingga 25 MP. Sedangkan untuk kamera belakang, smartphone ini mengusung dual camera yang salah satunya beresolusi sebesar 48 MP.

 

Spesifkasi Realme 3 Pro

Spesifikasi yang diusung oleh Realme 3 Pro ini telah diperkuat dengan prosesor berjenis octa-core kelas menengah besutan Qualcomm yakni Snapdragon 710. Performa yang dihasilkan pun, akan semakin terdongkrak dengan RAM berkapasitas 4 GB serta 6 GB yang didukung dengan pengolah grafis Adreno 616.

Selain dua varian kapasitas RAM yang mumpuni, smartphone ini juga tersedia dalam dua varian internal storage yaitu sebesar 64 GB serta 128 GB. Sedangkan untuk penopang, smartphone versi Pro dari Realme 3 ini juga dibekali dengan slot untuk eksternal storage berupa microSD card yang bisa diupgrade sampai 256 GB.

Untuk soal tampilan, sepertinya tidak ada perubahan desain secara signifikan sehingga tampilan dari smartphone ini masih mirip dengan pendahulunya yakni Realme 3. Hanya saja terdapat sedikit perubahan pada seri Pro 3 ini dengan hiasan Vibrant Waistline yang memuatnya terlihat premium dan tentunya semakin menarik.

Realme mendesain smartphone terbarunya ini dengan menggunakan material berupa plastik polycarbonate dan lapisan kaca. Dalam hal warna, Realme juga tidak mau kalah keren dari smartphone flagship yang lain. Realme seri 3 Pro ini hadir dalam tiga pilihan warna menarik dan kekinian yakni Lighting Purple, Nitro Blue, serta Carbon Gray.

Sama seperti pendahulunya yaitu Realme U1, panel IPS LCD yang digunakan oleh 3 Pro ini juga memiliki ukuran seluas 6,3 inchi dengan resolusi sebesar 1080 x 2340 piksel alias FullHD+. Pada bagian atas layarnya masih terdapat poni atau notch dengan desain waterdrop yang menjadi tempat keberadaan kamera depan.

Selain ukuran layar yang cukup lapang, pengalaman dalam bermain game mobile dengan Realme 3 Pro juga akan terasa lebih nikmat karena adanya teknologi Hyper Boost 2.0 yang berfungsi sebagai penyempurna kinerja smartphone. Tidak hanya itu, ponsel ini telah dibalut dengan anti gores berupa Corning Gorilla Glass 5 yang membuat layarnya kebal akan berbagai macam benturan.

Tidak hanya memiliki performa serta kinerja yang mumpuni, smartphone ini juga handal dalam hal pemotretan. Pada bagian belakang ponsel ini terdapat konfigurasi dual camera yang memiliki resolusi 16 MP apeture f/1.7 sebagai kamera utama, serta lensa kedua beresolusi sebesar 5 MP untuk depth sensor.

Walaupun harga dari Realme seri 3 Pro jauh lebih terjangkau jika dibandingkan dengan Samsung A50, namun kedua smartphone flagship ini mempunyai kemampuan yang setara dalam urusan pemotretan selfie. Hal ini dikarenakan Realme juga menyematkan kamera dengan resolusi sebesar 25 MP sebagai kamera depan pada perangkat ini.

Dalam urusan daya baterai, Realme mengandalkan baterai dengan daya sebesar 4045 mAh. Lebih menarik lagi penggunaan dari prosesor Snapdagon 710 10nm ini akan membuat pemakaian baterai lebih awet dan efisien hingga 14 persen, sehingga daya yang digunakan oleh smatphone ini mampu bertahan lebih lama.

Untuk pengisian ulang daya, Realme 3 Pro telah menggunakan teknologi fast charging 20W VOOC 3.0. Hal ini membuat daya pada Pro 3 mampu terisi hingga 50% dalam pengisian selama 30 menit saja. Banyak yang menduga jika smartphone keluaran terbaru Realme in akan menjadi pesaing berat bagi Xiaomi Redmi Note 7.

Tidak mau kalah dengan kebanyakan smartphone dalam kelas flagship, seri 3 Pro ini juga telah dilengkapi dengan dua buah sensor biometrik. Untuk sensor fingerprint terletak pada bagian belakang layaknya kedua pendahulunya yaitu Realme 2 dan Realme 2 Pro. Sedangkan untuk fitur face unlock menggunakan kamera selfie.

 

Keunggulan Realme 3 Pro

Realme 3 Pro hadir dengan sasaran utama adalah kalangan anak muda. Maka dari itu smartphone ini membawa desain yang kekinian, seperti ukuran layar luas dihiasi dengan notch atau poni kecil yang biasanya disebut dengan dewdrop (memotong sedikit bagian atas layar).

Selain itu, smartphone ini juga tersedia dalam balutan warna gradasi menawan dan mengikuti garis-garis yang membentuk pola seperti huruf S pada bagian tengahnya. Dapat dikatakan jika desain ini terinspirasi dari Le Mans.

Secara teknis, layar yang diusung pada smartphone ini cukup setara dengan kebanyakan smartphone lain sekelasnya. Realme seri 3 Pro mempunyai layar IPS sebesar 6,3 inchi dengan resolusi 2340 x 1080 alias FullHD+. Dengan ini maka smartphone tersebut sangat cocok dan nyaman digunakan untuk menonton video dan juga bermain game mobile.

Sedangkan untuk perlindungan pada layar, Real telah membalut 3 Pro dengan proteksi layar Gorilla Glass 5 besutan Corning yang telah diklaim lebih mampu bertahan dari segala jenis benturan jika dibandingkan dengan versi sebelumnya.

Faktor utama yang membuat smartphone ini layak untuk dimiliki adalah kinerjanya yang mumpuni. Walaupun dibanderol dengan harga kurang dari 3 juta rupiah untuk versi terendahnya, namun 3 Pro telah menggunakan chipset Snapdragon 710 yang biasanya digunakan oleh smartphone kelas flagship lainnya.

Jika Anda tertarik dengan Realme 3 Pro, maka dapat memilikinya dengan harga 2,9 juta rupiah untuk varian RAM 4 GB dan internal storage 64GB ataupun 3,6 juta rupiah untuk varian RAM 6 GB dan internal storage sebesar 128 GB. Temukan artikel teknologi yang menarik lainnya di piwiq.com

Leave a Reply