Dzikir-Umat-Islam

Dzikir Umat Islam

Dzikir adalah salah satu amalan yang wajib diketahui oleh kita sebagai umat islam. Dzikir biasanya dilakukan setelah selesai sholat, namun walaupun demikian dzikir juga bisa diamalkan setiap saat selama kita masih bernafas.

Dengan berdzikir, maka kita dapat lebih mendekatkan diri lagi kepada Allah SWT. Hal ini karena dengan berdzikir itu artinya secara tidak langsung kita akan menyebut nama Allah melalui lisan kita. Dengan begitu kita akan lebih mengingat Allah SWT di dalam hati kita setiap kali kita berdzikir kepada-Nya.

Ada banyak sekali berbagai jenis amalan bacaan dzikir yang dapat Anda jadikan pilihan untuk diamalkan dengan tujuan tertentu. Misalnya saja ada dzikir yang memiliki tujuan sebagai pembuka pintu rezeki, dzikir untuk meminta keselamatan di dunia dan akhirat, dzikir untuk mendatangkan berkah dan amalan dzikir lainnya.

Ada banyak sekali manfaat amalan dzikir yang dapat diamalkan oleh kita sebagai umat islam. Untuk lebih jelasnya pada artikel kali ini saya akan jelaskan 5 dzikir yang wajib diketahui oleh umat islam.

4 Dzikir Umat Islam yang Harus Diketahui

Berikut ini beberapa dzikir yang dapat diamalkan dan wajib diketahui oleh umat islam. Yuk disimak dengan seksama.

1. Asmaul Husna

Asmaul husna adalah salah satu dzikir yang perlu diketahui dan diamalkan oleh kita sebagai umat islam. Ada banyak manfaat ketika kita senantiasa berdzikir dengan menyebut asma-asma Allah.

Tidak hanya kita yang akan meminta ampunan dan pertolongan akan tetapi malaikat juga akan membantu kita untuk mendapatkan ridho Allah SWT.

terdapat 99 asma Allah SWT yang baik dan indah yang wajib kita ketahui dan bahkan kalau bisa juga kita hafalkan. Bagi Anda yang masih belum hafal atau bahkan belum tahu tentang asma-asma Allah yang baik dan indah tersebut.

Anda bisa menemukan tulisan Asmaul Husna ini di halaman pertama Al-Quran. Pada umumnya asmaul husna ini memang ditulis di halaman pertama kitab suci Al-Quran yang dapat kalian baca dan hafalkan.

Anda juga dapat menemukan bacaan asamaul husna arab, latin dan artinya di https://wisatanabawi.com sebagai media online yang mengulas tentang informasi islam.

2. Dzikir Dua Kalimat “Subhanallahhi Wa Bihamdi”

Dizikir berikutnya yang juga perlu diketahui kita sebagai umat islam adalah dzikir dua kalimat yang berbunyi “Subhanallah Wa Bihamdi”.

Dzikir ini juga sudah dijelaskan oleh Sabda Rasulullah SAW, beliau bersabda kepada Abu Dzarr Al-Ghifari “Maukah kau ku beritahu kalimat yang amat sangat dicintai Allah?”.

Kemudian, Rasulullah SAW melanjutkan bahwa sesungguhnya ucapan yang paling dicintai oleh Allah SWT adalah Subhanallah Wa Bihamdi yang artinya Maha Suci Allah dan segala puji hanya untuk-Nya.

Anda bisa membaca kalimat dzikir ini setiap saat dan setiap waktu luang yang kalian miliki. Dengan begitu lisan akan selalu terjaga dan Allah SWT akan memberikan cinta-Nya lebih daripada sebuah gunung emas.

3. Dzikir Empat Kalimat Subhanallah, Alhamdulillah, Allahu Akbar, Laa Ilaha Ilallah

Dzikir yang sangat dicintai oleh Allah SWT dan wajib diketahui oleh umat islam berikutnya adalah dzikir empat kalimat.

Dzikir yang terdiri dari 4 kalimat dzikir yaitu :

  1. Subhanallah
  2. Alhamdulillah
  3. Allahu Akbar
  4. Laa Ilaha Ilallah

Keempat kalimat dzikir ini biasanya seringkali dibacakan atau dilafalkan sesaat setelah selesai sholat fardhu 5 waktu.

Arti dari masing-masing kalimat dzikir tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Subhanallah artinya Maha Suci Allah.
  2. Alhamdulillah artinya Segala Puji Hanya Bagi Allah.
  3. Allahu Akbar artinya Allah Maha Besar.
  4. Laa Ilaha Ilallah artinya Tiada Tuhan Selain Allah.

Keempat kalimat dzikir ini bermanfaat untuk menjadi perisai untuk menghalau api neraka. Tidak hanya akan selamat di dunia, akan tetapi dzikir ini juga akan menyelamatkan Anda di akhirat.

4. Sholawat Nabi

Dzikir berikutnya yang juga wajib diketahui oleh umat islam adalah dzikir sholawat nabi. Dzikir ini adalah jenis dzikir yang dipanjatkan kepada Nabi besar kita Muhammad SAW. Ada banyak sekali manfaat dzikir sholawat nabi yang akan Anda dapatkan.

Sudah ada banyak orang yang membuktikannya. Sholawat nabi memiliki manfaat utama yakni sebagai pemenuh hajat.

Demikian ulasan tentang 4 dzikir wajib yang harus diketahui oleh umat islam. Pastikan Anda membacanya setelah sholat atau senantiasa setiap saat agar Allah selalu menjaga Anda setiap waktu, kapanpun dan dimanapun Anda berada.

Leave a Reply