Cara Meredupkan Layar Laptop

Banyak dari kita yang menghabiskan waktu lama bekerja di depan laptop. Memiliki tingkat kecerahan layar laptop merupakan salah satu hal penting untuk menghindari mata lelah ketika bekerja didepan laptop.

Untuk Anda pengguna Windows 10, terdapat empat cara meredupkan layar laptop yang mudah untuk dilakukan. Untuk itu, simak tips dari kami untuk membantu mengatur tingkat kecerahan layar laptop Anda sebagaimana dikutip dari Teknoob.com.

Penting untuk diketahui, bahwa tutorial ini adalah untuk pengguna laptop windows 10. Bagi pengguna PC mungkin ada sedikit perbedaan dalam tata letak panel.

Cara Meredupkan Layar Laptop Windows 10

Melalui Hotkeys

Cara Meredupkan Layar Laptop Windows 10

Mayoritas laptop baru hadir dengan keyword yang memiliki shortcut untuk mempermudah melakukan setting terhadap user interface, salah satunya adalah untuk mengatur brightness layar laptop Anda. Sebagai contoh, pada contoh yang saya tampilkan di atas, terdapat pengaturan hotkeys kombinasi Fn + F5 / F6 untuk meningkatkan atau menurunkan kecerahan layar laptop.

Perhatikan keyboard laptop Anda, apakah terdapat logo Brightness yang biasanya diwakili oleh simbol matahari jika Ya, maka Anda cukup tekan tombol Function (Fn) + hotkeys brightness.

Melalui Action Center

Anda juga dapat mengatur tingkat kecerahan layar dengan mengaturnya pada Action Center, untuk melakukannya ikutin langkah-langkah dibawah ini :

1. Langkah pertama adalah klik ikon Action Center pada kanan bawah Taskbar Anda.

Cara Meredupkan Layar Laptop Windows 10

2. Kemudian, klik pada Ikon Brightness yang mirip simbol matahari –jika Anda tidak menemukannya klik tombol expand

Saat Anda mengklik ikon brightness maka secara otomatis tingkat kecerahan layar Anda akan meningkat sebanyak 25%, jadi ketika settingan default laptop Anda berada di angka 25% maka begitu Anda mengkliknya maka akan meningkat menjadi 50%. Saat telah mencapai 100% begitu Anda mengklik maka akan menjadi 0%.

Melalui Panel Settings

mengatur melalui panel settings merupakan cara meredupkan layar laptop yang selalu penulis gunakan karena disini Anda dapat menurunkan tingkat kecerahan layar per 1 persen, sehingga mudah menentukan tingkat kecerahan yang sesuai dengan preferensi kita. Untuk melakukannya perhatikan langkah-langkahnya di bawah ini:

1. Pertama, buka Panel Settings dengan mengklik ikon pada sisi kirim Menu Start.

2. Pada panel Settings klik System.

3. Pada system klik Display dan Anda akan melihat Adjust Brightness Level. Naik turunkan bar tersebut untuk menyesuaikan tingkat kecerahan layar sesuai keinginan Anda.

Cara Meredupkan Layar Laptop Windows 10

Melalui Control Panel

Cara meredupkan layar laptop yang umum digunakan pengguna windows adalah melalui kontrol panel. Simak langkah-langkahnya di bawah ini :

1. Langkah pertama untuk mengatur tingkah kecerahan layar laptop Anda adalah dengan melakukan klik kanan pada ikon baterai pada taskbar dan akan muncul pilihan Adjust Screen Brightness.

Cara Meredupkan Layar Laptop Windows 10

2. Pada panel Adjust Screen Brightness, Anda akan melihat Screen Brightness yang memiliki slider yang dapat digeser kekiri dan kenanan. Cukup geser untuk menemukan tingkat kecerahan layar yang Anda inginkan.

Cara Meredupkan Layar Laptop Windows 10

Demikian pembahasan mengenai Cara Meredupkan Layar Laptop Windows 10, semoga bermanfaat dan menambah wawasan mengenai tips dan trick windows 10.

Leave a Reply