Cara Mengirim Folder Lewat Email

Jaman sekarang, apa-apa serba internet seperti Email yang sudah menjadi suatu kebutuhan mendasar bagi sebagian orang, baik para pekerja, pelajar maupun orang biasa. Email sangatlah penting, apalagi email memudahkan anda sekalian untuk mengirim berbagai macam file. Tapi yang jadi pertanyaannya adalah apakah bisa mengirim folder melalui email? Jawabannya tentu saja bisa.

Pasalnya, dengan kita menggunakan email, kita bisa mengirim 1 atau bahkan lebih dari 2 folder sekaligus. Hanya saja, anda harus beberapa cara untuk mengirim folder melalui email. Tapi jangan khawatir, cara mengirim folder lewat email sangatlah mudah dan praktis. Hanya perlu beberapa langkah dan folder siap untuk dikirim melalui email. Bila anda ingin tau caranya, simak saja artikel ini sampai selesai, atau bisa juga kunjungi website/blog gurukece.com

Mengirim Folder dengan Format RAR

Ini adalah cara mengirim folder lewat email yang paling umum digunakan. Syaratnya adalah pastikan komputer anda sudah terinstal aplikasi RAR, agar bisa digunakan untuk mengompres folder menjadi file RAR. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengubah folder menjadi RAR.

Cara Merubah Folder Menjadi RAR

  • Langkah pertama adalah cari folder yang akan dikompres menjadi file RAR, anda tidak perlu membuka foldernya hanya perlu bagian luar foldernya saja
  • Setelah itu anda klik kanan pada folder tersebut terus cari yang bertuliskan Add to “New Folder.rar” (misalkan nama folder yang saya kompres adalah New Folder). Namanya berbeda-beda sesuai dengan nama folder yang anda namai tersebut.
  • Setelah itu tunggu proses pengompresan folder menjadi RAR, bila sudah selesai maka akan muncul file RAR dengan icon RAR

Cara Mengirim Folder Lewat Email dengan file RAR

Setelah anda sudah merubah folder yang akan dikirim dengan format RAR, kini saatnya anda mengirimnya melalui email. Cara untuk mengirimnya sangatlah mudah, simak saja langkah-langkah yang harus anda lakukan untuk mengirim folder tersebut.

  • Langkah pertama adalah anda buka email yang anda punya melalui browser pada pc atau laptop anda, entah itu Gmail ataupun Yahoo Mail. Disini saya akan mencontohkan dengan akun Gmail yang saya punya.
  • Setelah akun Gmail sudah terbuka, anda bisa langsung klik COMPOSE atau TULIS untuk mengirim email atau mengirim dokumen lewat email seperti yang biasa anda lakukan.
  • Setelah itu akan muncul tampilan NEW MESSAGE atau PESAN BARU. Disini anda klik simbol attachment files yang berbentuk paper clip di bagian bawah kotak PESAN BARU.
  • Lalu anda akan diminta untuk memilih file yang akan dikirim, cari folder yang sudah dikompres ke dalam bentuk RAR tadi. Setelah diklik RAR tersebut lalu klik
  • Terus tunggu sampai proses penguplodan file RAR di email selesai sampai 100%. Jika bar biru sudah penuh sampai 100%, maka file siap untuk dikirim ke alamat email lain.
  • Terus anda tinggal ketikan alamat email, subjek terus isi pesan kepada penerima email
  • Lalu anda hanya tinggal klik SEND atau KIRIM

Selesai sudah cara mengirim folder lewat email. Sangat mudah bukan?

Mengirim Folder di Google Drive

Ada cara lain yang bisa digunakan untuk mengirim folder. Jika anda menggunakan fasilitas email dari Google yaitu Gmail maka anda akan dimudahkan dalam mengirim folder hanya dengan menggunakan fasilitas dari google yaitu Google Drive dengan akun Gmail anda.

Syarat utama untuk mengirim folder lewat Google Drive adalah anda harus memiliki akun google dengan akun gmail. Caranya pun mudah dan praktis seperti cara mengirim folder lewat email menggunakan RAR. Untuk langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  • Langkah awal adalah anda harus sudah memiliki akun gmail dan terdapat pada akun google drive. Jika sudah memiliki akunnya, anda bisa langsung login ke akun gmail dan juga login ke akun Google Drive.
  • Kemudian, anda langsung klik COMPOSE atau TULIS seperti biasa anda mengirim email.
  • Lalu akan muncul tampilan NEW MESSAGE atau PESAN BARU, lalu klik simbol Google Drive / Insert Files using Google Drive di bagian bawah.
  • Lalu anda akan dibawah masuk ke halaman Google Drive. Terus anda tinggal pilih dan klik folder yang akan dikirim lalu klik INSERT.
  • Maka folder akan dimasukan ke halaman PESAN BARU, tunggu sampai proses upload folder selesai. Perlu diketahui juga, bahwa anda bisa mengirim lebih dari 1 folder dengan langkah yang sama.
  • Jika proses upload sudah selesai, anda tinggal ketikan alamat yang dituju, subjek dan juga isi pesan kepada penerima email. Lalu anda tinggal klik SEND atau KIRIM.

Akhir Kata

Nah, itulah cara mengirim folder lewat email dengan mudah dan praktis dengan menggunakan RAR dan juga melalui Google Drive. Semoga artikel bermanfaat bagi anda semuanya.

Leave a Reply