cara-mengganti-icon-folder-windows

Cara Mengganti Icon Folder di Windows

Saat menyimpan satu atau beberapa file di PC, biasanya kita akan menempatkan file-file tersebut ke sebuah folder berdasarkan jenisnya.

Agar lebih mudah mencarinya saat dibutuhkan, biasanya kita juga akan menamai masing-masing folder dengan nama yang menggambarkan isi folder secara umum.

Cara ini lumrah dilakukan oleh para pengguna komputer atau PC dengan OS Windows.

Hanya saja, menurut kami kita masih perlu melakukan langkah tambahan agar setiap folder makin mudah diidentifikasi, misalnya dengan mengganti icon tiap folder sesuai isinya.

Nah, pada kesempatan kali ini kami ingin berbagi mengenai cara mengganti icon folder di Windows.

Dari pengalaman kami, mengganti icon default Windows dengan icon yang sesuai isi folder dapat membantu kita lebih mudah mencari sebuah file. terlebih lagi jika filefile kita sudah sangat banyak.

Tanpa berlama-lama lagi, berikut silahkan disimak cara merubah icon folder Windows semua versi:

1. Cara Mengganti Icon Folder Dengan Koleksi Icon Bawaan Windows

Windows sendiri sebenarnya sudah memiliki puluhan koleksi icon siap pakai yang bisa kita gunakan untuk mengganti icon folder default.

Cara mengganti icon folder dengan iconicon bawaan Windows ini yaitu:

Pertama, klik kanan pada folder yang ingin kamu ganti icon-nya, kemudian pilih properties.

Kedua, pada jendela properties folder yang terbuka, masuk ke tab customize dan klik tombol “change icon” yang ada di posisi paling bawah, tepatnya di bagian “folder icons“.

cara-ganti-folder-windows-dengan-gambar-sendiri

Ketiga, setelah itu akan muncul beberapa icon bawaan Windows seperti gambar di atas yang bisa kamu pilih sesuai keinginan. Di sana ada icon berbentuk disket, CD/DVD, hardisk dan yang lainnya. Klik saja salah satu icon pada daftar icon yang muncul, kemudian klik tombol “OK”.

Sampai di sini kamu sudah berhasil mengganti icon folder default dengan icon bawaan Windows. Setelah klik tombol “OK” pada langkah ketiga, maka kamu akan langsung melihat perubahan pada bentuk icon dari folder yang kamu pilih pada langkah pertama. Selesai.

2. Cara Mengganti Icon Folder Dengan Gambar Sendiri

Jika koleksi icon bawaan Windows tidak ada yang kamu sukai atau tidak ada yang pas untuk menggambarkan isi folder yang akan kamu ganti icon-nya, maka kamu juga bisa membuat icon sendiri kemudian kamu gunakan sebagai icon folder kamu.

Icon bisa kamu buat menggunakan software pengolah gambar semisal Photoshop. Yang penting saat penyimpanan file pastikan ekstensi yang kamu gunakan adalah .ico.

Nah untuk mengganti icon folder Windows dengan gambar buatan sendiri atau icon custom, berikut ini langkah-langkahnya:

Pertama, siapkan icon hasil kreasi kamu.

Kedua, ulangi langkah pertama sampai langkah kedua pada cara mengganti icon folder dengan icon bawaan Windows di atas.

Ketiga, saat muncul jendela daftar icon, klik tombol “browse” yang ada di bagian “look for icons in this file“.

cara-merubah-icon-folder-windows

Keempat, setelah itu kamu akan di bawah ke dalam Windows Eksplorer. Di sini silahkan kamu cari saja file icon yang sudah kamu siapkan pada langkah pertama.

Kelima, kemudian klik saja pada file icon-nya dan pilih atau klik tombol “open” untuk me-load-nya ke jendela “cange icons” pada langkah ketiga.

Keenam, setelah itu di jendela “change icons” akan otomatis terpilih icon yang baru saja kamu load. Untuk menggunakannya sebagai pengganti icon default, silahkan langsung saja klik tombol “OK”.

Sampai di sini kamu bisa melihat bahwa icon folder default sudah berganti dengan icon custom buatan kamu sendiri. Mantab.

3. Cara Mengembalikan Icon Folder ke Icon Default

Tidak semua orang menyukai folder yang icon default-nya diganti.

Terkadang hanya dengan merubah nama folder sesuai isinya, kita sudah cukup mudah untuk menemukan file yang kita cari.

Nah kalau kamu ingin merubah kembali icon folder yang sudah diganti ke icon default, kamu bisa lakukan beberapa langkah berikut ini:

Pertama, ulangi langkah pertama dan kedua pada cara mengganti icon folder default dengan folder bawaan Windows di atas.

Kedua, setelah masuk ke jendela “change icons“, silahkan klik tombol “restore defaults” maka icon folder akan kembali seperti semula. Selesai.

Akhir Kata

Ternyata cukup simple ya caranya kalau kita ingin mengganti icon folder default Windows dengan icon bikinan sendiri.

Semoga artikel ini bisa difahami dan bisa kamu terapkan langsung untuk merubah icon folder di Laptop atau PC kamu.

Leave a Reply