Cara Mengatasi Video yang Tidak Bisa Diputar di Android

Cara Mengatasi Video yang Tidak Bisa Diputar di Android

Merasa sangat excited dengan video yang baru saja Anda download dan akan Anda putar di Android, sayangnya Anda akan merasa kecewa saat video tersebut tidak bisa dibuka.

Saat Anda mencoba membuka video tersebut, akan muncul pesan error seperti Can’t play this video atau format video tidak didukung, dan pesan error lainnya.

Sebelum lanjut ke cara mengatasi video yang tidak bisa diputar di Android, Anda tentu harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu.

Kenapa Video di Android Tidak Bisa Diputar?

Hal tersebut karena video sudah mengalami perubahan codec atau konversi format video.

Dimana proses tersebut biasanya bertujuan untuk memangkas ukuran dari file video menjadi lebih kecil tanpa mengurangi kualitas video dan audio di dalamnya.

Jadi jawabannya adalah karena codec dan format dari video tersebut tidak bisa dibaca oleh pemutar video Android bawaan Anda.

Cara Mengatasi Video yang Tidak Bisa Diputar di Android

Karena masalah tersebut terjadi pada pemutar video bawaan di Android yang tidak support dengan file video codec dengan format tertentu, jadi solusinya adalah dengan menggunakan media pemutar video lainnya.

Anda bisa memilih untuk menggunakan aplikasi pemutar video dari pihak ketiga yang bisa Anda download melalui Google Play Store.

Berikut rekomendasi aplikasi pemutar video terbaik:

1. VLC for Android

Pertama yaitu VLC, aplikasi ini memang sudah terlebih dahulu eksis di platform Windows dan Linux, dan kini VLC Player sudah merambah ke smartphone Android.

Hingga saat ini, VLC berhasil menjadi aplikasi pemutar video terfavorit baik di Android maupun di komputer.

Bahkan di Google Play Store, VLC sudah berhasil mendapatkan lebih dari 100 juta pengguna dengan rating yang tinggi.

VLC sendiri hadir dengan berbagai fitur yang menarik, tentunya juga hadir dengan support untuk video codec dan berbagai format video lainnya.

Aplikasi yang bisa berguna untuk mengatasi video yang tidak bisa diputar ini juga sudah support subtitle dan tanpa iklan.

2. KMPlayer

KMPlayer juga awalnya tersedia untuk perangkat komputer yang kini telah merambah ke Android.

Dengan menggunakan KMPlayer, masalah video yang tidak bisa diputar pasti bisa teratasi. Karena aplikasi ini juga sudah support codec dan berbagai format video.

Tidak usah ragu untuk memilih KMPLayer sebagai pemutar video Anda, karena KMPlayer telah berhasil mendapatkan lebih dari 10 juta pengguna dengan rating lebih dari 4.0 di Google Play Store.

Tidak cukup sampai disitu saja, KMPlayer juga mampu memutar video dengan kualitas Full HD, video mirror, hingga mampu membaca file subtitle yang terpisah dari video.

3. MX Player

Urutan ketiga dari daftar aplikasi pemutar video yaitu MX Player.

Dari segi tampilan dan fitur, MX Player sangat mirip dengan VLC Player. Namun sayangnya, aplikasi ini masih memunculkan iklan pada versi gratisnya.

Hingga saat ini, MX Player telah digunakan sebanyak lebih dari 100 juta pengguna dengan rating lebih dari 4.5 di Google Play Store.

MX Player juga sudah mendukung berbagai macam file codec video dan audio, jadi aplikasi ini menjadi salah satu pilihan untuk mengatasi video di Android yang tidak bisa diputar.

Demikian artikel mengenai cara mengatasi video yang tidak bisa diputar di Android. Silahkan tentukan sendiri aplikasi mana yang akan Anda gunakan.

Referensi terkait: charis.id/flash/

Leave a Reply