cara memperbaiki pompa oli samping rx king

Cara Memperbaiki Pompa Oli Samping RX-King

Banyak jenis kendaraan hadir di seluruh market dunia, namun sepeda motor tetap menjadi salah satu kendaraan yang paling sering digunakan oleh penduduk bumi. Hal tersebut dikarenakan menggunakan sepeda motor lebih simple daripada kendaraan roda empat seperti mobil.

Sebenarnya setiap jenis kendaraan mempunyai keunggulannya sendiri, misal seperti motor. Keunggulan sepeda motor ini bisa lebih lincah melintasi jalanan yang padat (lebih responsif). Itulah alasan kenapa masyarakat banyak yang memilih motor untuk dijadikan sebagai sarana transportasi di dalam kota maupun luar kota.

Dan kini, ada motor legendaris yang masih diminati oleh banyak masyarakat, khususunya di Indonesia. Motor apakah itu? Yaitu RX-King, sepeda motor buatan pabrikan Yamaha.

Kenapa motor ini menjadi primadona masyarakat Indonesia? Karena Yamaha RX-King mempunyai performa yang sangat bagus, baik dari segi kecepatan ataupun tampilannya.

Tapi jenis motor dua tak seperti RX-King ini mempunyai kekurangan, yaitu pada bagian pompa oli sampingnya yang sering macet. Tapi jangan khawatir, di sini saya akan memberi informasi mengenai bagaimana cara memperbaiki pompa oli samping pada motor RX-King.

Baca juga informasi tentang dunia otomotif di otomodiv.

Cara Memperbaiki Pompa Oli Samping RX-King

Bila bicara kekurangan pada motor, hampir semua kendaraan motor mempunyai resiko kerusakan pada bagian motor. Terutama Yamaha RX-King yang usianya sudah cukup tua.

Biasanya apa sih penyakit yang sering menyerang motor dua tak seperti RX-King? Yaitu kerusakan pada bagian pompa oli samping nya.

Apakah komponen ini mempunyai peranan penting bagi motor dua tak? Tentu saja, dikarenakan pompa oli samping adalah komponen vital yang digunakan untuk mengalirkan oli samping ke dalam bagian mesin motor. Berikut ada beberapa penjelasan mengenai bagaimana cara memperbaiki pompa oli samping RX-King.

1. Menyetel Volume Oli Samping

Oli samping merupakan komponen penting untuk motor dua tak. Oli samping akan menyampur dengan bahan bakar minyak sehingga terjadi pembakaran didalam ruang bakar dan dikeluarkan melalui knalpot berupa asap putih.

Fungsi dari oli samping ini membantu melumasi mesin motor supaya tidak terjadi overhead dalam berbagai kondisi. Perlu kamu ketahui, apabila volume oli samping yang mengalir ke dalam mesin sedikit, maka hal tersebut bisa membuat mesin motor dua tak mengalami overhead.

Tapi, jika volume oli samping yang mengalir ke dalam bagian mesin terlalu banyak, maka hal tersebut membuat asap yang keluar dari bagian knalpot akan semakin banyak dan tentunya sangat boros.

Lantas bagaimana mengatasi permasalahan ini? Gampang kok! Kamu harus melakukan penyetelan ulang pada bagian pompa oli samping agar mengalir sesuai dengan kebutuhan mesin.

2. Mengganti Gear Pompa Oli Samping

Penyebab utama yang membuat pompa oli samping pada motor dua tak tidak bekerja secara normal adalah bagian gear nya. Jika gear tersebut mengalami kehausan, maka kamu harus menggantinya dengan yang baru.

Selain dari bagian gear nya, apakah ada bagian lainnya yang bisa menghambat proses kerja pompa oli samping? Tentu saja, yaitu pada bagian selang nya. Jika selang terdapat air (cairan) atau udara yang masuk, maka yang harus kamu lakukan adalah membuka selang dan mengeluarkan udara serta cairan tersebut.

3. Memeriksa Pompa Oli Samping

Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah, memeriksa bagian pompa oli samping apakah ada yang bocor atau tidak. Jika benar ada kebocoran pada bagian pompa oli, maka kamu harus mengganti karet sil yang ada pada komponen tersebut. Selain itu, kamu juga harus mengecek bagian lainnya untuk memastikan apakah ada yang harus diganti atau tidak.

***

Sekian ulasan mengenai cara memperbaiki pompa oli samping pada Yamaha RX-King. Semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat dan membantu untuk menyelesaikan permasalahan pada motor kamu.

Leave a Reply