Cara Membuat Tabel di Word untuk Pemula

Microsoft Word adalah aplikasi yang sangat populer di dunia pendidikan maupun perkantoran. Oleh karena itu, mahir dalam mengoperasikan aplikasi ini adalah skill yang sangat dibutuhkan di zaman sekarang.

Jika Anda ingin terbilang ahli dalam menggunakan Microsoft Word, maka Anda perlu mempelajari setiap seluk beluknya.

Anda perlu mempelajari hal-hal yang penting dan biasa dibutuhkan dari aplikasi ini, diantaranya yaitu cara membuat daftar isi otomatis dan cara membuat tabel pada aplikasi yang satu ini.

Pada kesempatan kali ini, yang akan kita bahas adalah seputar membuat tabel pada aplikasi Microsoft Word. Simak penjelasannya hingga selesai.

Cara Membuat Tabel di Word

Meskipun terdapat aplikasi lain yang dapat melakukan pekerjaan membuat tabel yaitu Microsoft Excel, ilmu tentang cara membuat tabel pada aplikasi Ms. Word tidak bisa diremehkan. Anda tetap perlu mempelajarinya agar ketika butuh, Anda sudah siap untuk melakukannya.

Berikut ini cara membuat tabel di Word untuk pemula:

  1. Siapkan halaman yang ingin Anda buat tabel di dalamnya terlebih dahulu, bisa halaman kosong atau halaman yang telah ada tulisannya.
  2. Buka tab Insert, lalu klik Table.
  3. Setelah Anda mengklik Table, akan muncul kotak-kotak. Biasanya, jumlah kotak itu ke samping 10 dan ke bawah 8. Kotak ke samping adalah kolom dan kotak ke bawah adalah baris.
  4. Arahkan kursor di kotak-kotak tersebut dan pilihlah berapa jumlah kolom dan baris yang ingin Anda buat. Misal Anda ingin membuat 5 kolom dengan lima baris, maka arahkan kursor ke kanan 5 kotak dan ke bawah 5 kotak, lalu klik.
  5. Tabel yang Anda inginkan berhasil dibuat.

Cara Menambah Kolom Pada Tabel di Ms. Word

Jika kolom atau baris dari tabel yang telah tersedia kurang, maka Anda dapat menambah kolom dan baris sendiri. Cukup klik kanan pada kolom atau baris sebelum dari baris atau kolom yang ingin Anda tambahkan, lalu klik Insert.

Setelah Anda klik Insert, akan muncul pilihan untuk menambah baris atau kolom. Tambahkan sesuai dengan kebutuhan.

Itulah cara membuat tabel di Word yang dapat kita pelajari pada kesempatan ini, semoga bermanfaat. Jika ada yang ingin ditanyakan, mohon beri komentar di bawah ya!

Leave a Reply