cara membuat jadwal piket menggunakan kertas asturo

Cara Membuat Jadwal Piket Paling Unik dan Inovatif

Jadwal piket tidak hanya dibutuhkan untuk kelas saja loh, banyak juga bidang kerja yang membutuhkan jadwal piket. Misalnya dalam lingkungan rumah sakit yang membutuhkan jadwal piket perawat dan dokter yang bertugas untuk shift-sift yang telah ditentukan. Bisa juga jadwal piket satpam untuk bergantian berjaga agar keamanan tetap terkendali selama 24 jam penuh.

Jika kamu ditugaskan untuk membuat jadwal piket, tentunya harus mengetahui cara membuat jadwal piket yang unik dan kreatif. Tenang, disini Kami telah memberikan beberapa tips untuk membuat jadwal piket serta contoh-contoh jadwal piket paling kreatif. Yuk simak!

Cara Membuat Jadwal Piket yang Bagus dengan Tips Ini

Untuk membuat jadwal piket yang bagus, maka harus memenuhi unsur-unsur yang harus ada dalam jadwal piket. Sehingga jadwal piket tersebut tidak hanya bagus, melainkan juga informatif danmudah dipahami oleh pembacanya.

Adapun berikut ini langkah-langkah yang bisa digunakan untuk membuat jadwal piket:

1. Buat Kerangka Jadwal Piket

Kerangka jadwal piket yang dimaksud disini adalah buat dulu daftar hari dan nama – nama yang akan Kamu cantumkan dalam jadwal piket. Misalnya akan mebuat jadwal untuk 2 shift atau 3 shift dalam sehari lengkap beserta nama-nama yang akan bertugas pada shift dan hari tersebut.

Sehingga nantinya saat membuat jadwal piket Kamu tinggal memasukkan data-data tersebut. Buat kerangka jadwal piket ini dalam secarik kertas secara jelas agar nantinya Kamu tidak salah dalam memasukkan nama, shift dan hari.

2. Tentukan Metode untuk Membuat Jadwal Piket

Setelah kamu membuat coretan nama-nama siapa saja yang akan dimasukkan dalam jadwal piket, maka sekarang tentukan metode apa yang akan Kamu gunakan untuk membuat jadwal tersebut.

Ada beberapa cara membuat jadwal piket, yaitu melalui Microsoft word, Microsoft excel, software desain grafis atau boleh juga secara manual dengan memanfaatkan kertas karton. Bisa juga pakai kertas origami agar lebih kreatif dan warna warni.

Namun, Kami lebih menyarankan untuk membuat melalui Ms. Word karena paling mudah dan praktis daripada metode lainnya. Apalagi jika Kamu tidak punya kemampuan desain grafis, tentunya akan sulit untuk membuat jadwal piket melalui software desain. Membuat jadwal piket lewat excel juga cukup rumit saat proses cetaknya yang terkadang tidak presisi jika Kamu tidak paham betul dalam pengoperasiannya.

Selain itu Excel juga memiliki alat editing terbatas, sehingga kurang kreatif dan menarik untuk membuat jadwal piket.

3. Cetak Jadwal Piket

Jika sudah selesai membuat jadwal piket, sekarang inputkan semua nama-nama sesuai yang sudah Kamu buat di coretan sebelumnya. Kalau Kamu membuat secara manual, pastikan tidak salah dalam menulis karena jika satu huruf saja salah maka hasilnya tidak akan bagus. Berbeda dengan cara digital yang bisa di edit meskipun ada yang typo atau salah.

Disarankan untuk mencetak jadwal piket dalam kertas A3, karena lebih jelas ketika akan ditempelkan pada dinding. Tapi jika tidak memungkinkan, bisa menggunakan jenis kertas A4 biasa.

Contoh-Contoh Jadwal Piket yang Unik

Kami juga telah mencantumkan beberapa contoh jadwal piket yang unik dan menarik berikut ini yang bisa Kamu tiru berikut:

Contoh 1

cara membuat jadwal piket kelas yang menarik

https://www.penuliscilik.com/

Contoh 2

cara membuat jadwal piket dengan excel

https://3.bp.blogspot.com/

Contoh 3

cara membuat jadwal piket dari barang bekas

https://i.pinimg.com/

Demikian itulah informasi mengenai cara bikin jadwal piket yang bagus, unik dan menarik. Jangan lupa untuk mampir ke situs Selasar untuk mendapatkan info-info yang tidak kalah menarik dan unik lainnya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply