cara memasang aki motor

Cara Memasang Aki Motor

Gimana si caranya memasang aki motor yang benar itu dan bagaimana cara pengerjan nya? Untuk orang awam, bagian ini bisa jadi merupakan bagian yang susah untuk dilakukan. Padahal perlu kalian ketahui bahwa aki itu adalah salah satu bagian yang memiliki peranan penting bagi kendaraan bermotor atau pun mobil.

Apabila tidak ada aki, maka mesin pun akan susah untuk dinyalakan karena sumber kelistrikan itu dari aki. Maka dari itu untuk menghindari masalah ini, kita harus bisa merawat dan membersihkan aki secara rutin agar aki pada motor kita tidak mengalami kerusakan.

Sebelum kita membahas poin utama tentang cara memasang aki motor yang baik dan benar, alangkah baiknya kalian harus mengetahui tentang beberapa jenis aki motor.

Jenis Jenis Aki

cara memasang aki motor

moladin.com

Sebelum kita mengulas lebih dalam mengenai cara memang aki motor, kalian harus mengenal lebih dalam lagi tentang jenis-jenis aki motor terlebih dahulu. Setidaknya ada 3 macam jenis aki yang telah terjual di pasaran, dan biasa digunakan juga pada kendaraan sepeda motor.

Jenis-jenis aki tersebut diantara lain ialah aki basah, aki kering dan aki hybrid.

Diantara ketiga jenis aki itu, aki kering adalah jenis aki yang memiliki harga jual yang tinggi. Teknologi yang disediakan oleh aki kering ini memang mengusung teknologi yang modern. Sistem perawatan dari aki kering juga bisa dibilang lebih mudah dan tidak ribet apabila dibandingkan dengan jenis aki basah.

Jenis aki kering ini memiliki kandungan cairan elektrolit dan juga timah kalsium. Perlu kalian ketahui bahwa jenis timah kalsium itu tidak gampang menguap. Selain itu, aki kering ini mempunyai segel yang kuat sehingga cairan didalam aki tersebut tidak akan mudah tumpah.

Sementara itu, aki basah adalah jenis aki yang paling sering digunakan untuk kendaraan sepeda motor. Didalam aki basah juga ada kandungan cairan elektrolit serupa dengan asam sulfat. Aki basah juga memiliki kandungan timah antimoni yang bisa habis karena adanya proses penguapan pada aki tersebut.

Harga jual dari aki basah ini bisa dikatakan lebih murah apabila dibandingkan dengan jenis aki kering, selain itu aki basah juga gampang untuk kita dapatkan di beberapa bengkel terdekat ditempat kalian tinggal.

Mari kita lanjutkan pembahasan yang lebih utama.

Cara Memasang Aki Motor

cara memasang aki motor

liputan6.com

Apabila aki sudah tak layak untuk digunakan, maka aki tersebut harus kita lepas dan digantikan dengan aki yang baru. Bagaimana cara pengecekan bahwa aki motor itu masih layak digunakan atau tidak? Tentunya kalian harus membuka tutup dari aki mesin motor tersebut.

Maksimal dalam penggunaan aku itu tidak lebih dan tidak kurang dari 3 tahun, akan tetapi kekuatan dari durasi ini tergantung dari bagaimana kita merawat motor dan merawat aki dari motor tersebut.

Untuk kalian yang belum mengerti bagaimana cara memasang aki yang benar, kalian bisa menyimak ulasan dibawah ini. Disini kami akan memberikan sedikit pengetahuan tentang bagaimana cara memasang aki motor dengan baik dan benar.

Perhatikan baik-baik ya.

Lepaskan Kabel dan Baterai Aki

Pertama-tama sebelum memasang aki motor, kalian harus melepas kabel dan baterai yang terdapat didalam aki tersebut. Perlu kalian ingat, kabel aki yang ada lambang negatif nya harus kalian cabut terlebih dulu. Cara mencabut kabel aki pun tidak susah, kalian hanya perlu melonggarkan baud yang ada dibagian aki tersebut.

Bersihkan Kotoran Pada Aki

Seletah langkah pertama selesai, maka langkah selanjutnya ialah membersihkan kotoran-kotoran yang menempel didalam kabel aki tersebut

Memasang Aki Baru

Nah setelah kedua langkah tersebut selesai, maka langkah selanjutnya adalah memasang aki baru yang sudah kalian beli di bengkel. Ingat! Sebelum kalian memasang aki, kalian harus benar-benar memperhatikan kabel negatif dan positifnya.

Kabel negatif harus kalian pasang dibagian akhir, karena yang harus dipasang terlebih dahulu itu kabel yang berlambang positif.

***

Mungkin sekian pembahasan tentang cara memasang aki motor dengan baik, semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu kalian semua dalam proses pemasangan aki.

 

Leave a Reply