cara melacak hp android yang hilang

Cara Melacak HP Android yang Hilang

Jika barang yang kita miliki hilang, hal itu tentu saja bisa membuat diri kita merasa panik dan stres. Terlebih, kalau barang tersebut adalah ponsel genggam. Memang kehilangan hp itu bisa menjadi musibah yang sangat menakutkan bagi sebagian masyarakat.

Kenapa? Karena di era modern seperti saat ini, hp merupakan salah satu benda yang secara otomatis tidak bisa dilepas dari genggaman pemiliknya. Bukan begitu?

Dari hp sendiri, banyak kegiatan yang dapat dikerjakan. Selain itu, dengan adanya ponsel genggam ini bisa memudahkan pekerjaan yang sedang dikerjakan. Misal seperti membalas chat dari konsumen, menerima telpon dari client, dan lain sebagainya.

Tapi jangan khawatir, sebenarnya masih ada cara melacak hp andorid yang hilang. Adanya teknologi modern yang cangih seperti saat ini, kamu dapat memantau dan mengetahui di mana keberadaan hp yang hilang.

Jika posisi kita jauh bagaimana kak? Bahkan sejauh apapun jaraknya, kita masih bisa mengetahui di mana keberadaan hp yang hilang itu.

Lantas bagaimana caranya? Untuk mempersingkat waktu, baiknya langsung saja simak ulasan di bawah ini:

1. Lacak Lewat Email

Cara melacak hp android yang hilang bisa memanfaatkan email. Umumnya, disetiap hp android bakal ada email pemilik yang terpasang lengkap dengan akunnya. Nah, dari email tersebut, kamu bisa melacak hp yang hilang.

Perlu kamu ketahui, Google sudah membuat SOP Androin yang mengharuskan para pemiliknya untuk memasukkan email yang nantinya akan digunakan untuk aplikasi Google Play Store.

Lantas bagaimana cara melacak hp android yang hilang melalui email? Kamu bisa melakukan beberapa langkah yang telah saya jabarkan di bawah ini. Silahkan simak dan benar-benar pahami.

  1. Masukan alamat email yang sebelumnya tercantum pada hp yang hilang pada halaman gmail.
  2. Masukan kata sandi yang sesuai.
  3. Setelah berhasil dan terverifikasi, silahkan memilih tampilan Gmail versi website.
  4. Pilih simbol dengan titik sembilan yang terletak dibagian atas kanan.
  5. Langsung masuk ke Google Account dan scroll ke bagian bawah.
  6. Pilih menu pada tulisan “Temukan Ponsel Anda”.
  7. Kemudian, pilih hp anda yang hilan.
  8. Masukan kembali password email yang tercantum pada hp yang hilang.
  9. Kemudian, pilih opsi “Temukan”.
  10. Setelah memilih opsi temukan, maka akan keluar Google Maps.
  11. Pilih tipe Hp yang ingin kamu lacak, kemudian klik simbol refresh supaya hp yang hilang akan terupdate dan juga dibaca oleh google maps.
  12. Hasilnya, Hp Android yang hilang akan terlihat dilayar.

2. Melacak Lewat Google Maps

Selain dari alamat gmail, kamu pun dapat melacak hp android dengan cara menggunakan Google Maps. Dalam aplikasi ini terdapat banyak layanan, seperti contohnya peta jalan raya, keadaan lalu lintas jalan, pemandangan, rute jalan dan masih banyak lagi.

Ternyata bukan hanya itu saja teman-teman, Google Maps sendiri mempunyai fitur yang bisa kamu gunakan untuk melacak Hp Android yang hilang. Hah? Serius? Iya dong, lalu bagaiman caranya? Berikut langkah-langkah yang bisa kamu lakukan:

  1. Pilih ke menu pengaturan, lalu bagi lokasi dan mulai pada ikon yang ada di pojok kiri atas.
  2. Kamu bisa memilih waktu pencarian. Misal selama 2 jam atau sampai benar-benar dinonaktifkan supaya kamu bisa terus mencari hp yang hilang.
  3. Lalu, kamu pilih orang dan isi alamat email beserta nomor hp yang ingin kamu lacak.
  4. Klik tombol bagikan, dan kemudian rubah ikon nonaktifkan menjadi aktifkan.

Jika cara di atas sudah kamu lakukan, maka lokasi hp yang hilang akan terlacak selama 24 jam, kemudian hp tersebut akan terlihat melalui cara ini.

Sumber artikel: Kuotabro.

Leave a Reply