Cara Cek Spesifikasi Laptop

Cara Cek Spesifikasi Laptop

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengetahui spesifikasi laptop, khususnya untuk Windows 10. Anda bisa memanfaatkan fitur yang sudah disediakan oleh Windows ataupun menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan cara melihat spesifikasi laptop Windows 10 dengan tools bawan saja. Jadi, Anda tidak perlu mendownload aplikasi tambahan lainnya, lumayan lah bisa menghemat sedikit kuota. šŸ˜€

Oh ya, cara ini bukan hanya bisa digunakan pada Windows 10 saja ya, bisa juga digunakan pada versi Windows lain seperti Windows 7 ataupun Windows 8. Nah, berikut ini adalah beberapa cara cek spesifikasi laptop Windows:

1. About your PC

cara cek spesifikasi laptop windows 10

About your PC adalah salah satu fitur baru yang tersedia pada Windows 10. Untuk Windows 7 dan Windows 8, kemungkinan besar tidak ada fitur ini (CMIIW), jadi langsung ke cara berikutnya saja ya.

Untuk mengetahui spesifikasi laptop Windows 10 melalui about your PC caranya sangat mudah, Anda tinggal klik icon pencarian lalu ketikkanĀ About your PC, maka Anda akan langsung dibawa ke halaman seperti gambar di atas.

Pada halaman ini, Anda bisa melihat detail spesifikasi seperti processor, RAM,dan system type. Selain itu, Anda juga bisa melihat spesifikasi Windows yang Anda gunakan, seperti detail edition, version, os build, dan tanggal instalasi.

Cara ini juga bisa dilakukan secara manual: klikĀ Start (icon Windows di pojok kiri bawah) > pilih icon Pengaturan > pilih System > pilih About.

2. Dxdiag

cara melihat spesifikasi laptop windows 10

Nah, kalau Dxdiag ini bisa Anda gunakan pada Windows 7, Windows 8, maupun Windows 10. Cara ini juga tidak kalah efektif dengan cara sebelumnya karena Anda tinggal mengetikkan perintah untuk membuka Dxdiag saja.

Pertama, silahkan Anda tekan tombolĀ Windows + R.Ā Nanti akan muncul jendela pada pojok kiri bawah, silahkan ketikkanĀ dxdiag lalu tekanĀ Enter, maka Anda akan dibawa ke halaman seperti gambar di atas.

Detail spesifikasi pada Dxdiag ini jauh lebih lengkap daripada about your PC. Dengan cara ini, Anda bisa mengetahui kapasitar RAM, informasi BIOS, processor, versi DirectX, dan lain sebagainya.

Selain itu, Anda juga bisa mengetahui spesifikasi terkait display, Anda bisa melihat kartu grafis yang digunakan dan besarnya memori kartu grafis tersebut. Informasi seperti render, sound, dan input juga tersedia pada Dxdiag.

Oh ya, Anda juga bisa menyimpan spesifikasi tersebut dalam format fileĀ txt atau text. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu klikĀ save informationĀ saja.

3. System

cara mengetahui spesifikasi windows 10

Ini adalah cara terakhir (yang saya sampaikan) yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui spesifikasi laptop Windows 10. Cara masuk ke menu system cukup mudah, silahkan Anda masuk keĀ Windows ExplorerĀ >Ā klik kanan pada This PC > pilih Properties.

Setelah itu, Anda akan dibawa ke halaman seperti gambar di atas. Detailnya memang tidak selengkap menggunakan Dxdiag, tapi cara ini sudah lebih dari cukup jika hanya digunakan untuk mengetahui processor, RAM, ataupun system tipe saja.

Oh ya, cara ini juga bisa dilakukan dengan lebih cepat, silahkan Anda klik icon pencarian lalu ketikkanĀ System, silahkan klik menu tersebut dan Anda akan dibawa ke halaman seperti gambar di atas.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk melihat spesifikasi laptop Windows 10. Ini adalah cara tanpa aplikasi apapun ya, jika Anda tertarik mencoba yang menggunakan aplikasi, silahkan bisa browsing gi Google karena sudah banyak juga yang share.

Leave a Reply