Cara Cek Kesehatan Harddisk di Windows 10

Hardisk adalah salah satu komponen hardware komputer yang memiliki peran penting dalam menunjang kinerja komputer, yaitu sebagai media penyimpanan berbagai jenis file. Mulai dari sistem operasi (OS), aplikasi dan berbagai data-data semua disimpan di harddisk.

Maka seyogyanya kita juga senantiasa menjaga kesehatan harddisk pada laptop/PC kita. Untuk menghindari kehilangan data-data penting baik terserang virus maupun harddisk rusak. 

Pada artikel ini, kita akan membahas bagaimana mengecek kesehatan harddisk tanpa aplikasi tambahan. Khususnya kalian yang menggunakan sistem operasi Windows di PC/laptop. Tutorial di bawah ini menggunakan versi Windows 10, akan tetapi cara ini juga bisa diterapkan di Windows versi lain.

Nah, berikut beberapa langkah-langkah yang dapat kalian lakukan untuk mengecek kesehatan harddisk di Windows 10. 

1. Menggunakan Windows CHKDSK

Windows CHKDSK adalah tool bawaan Microsoft Windows. Kalian bisa menggunakan tool ini untuk mengecek dan menemukan error sistem atau bad sector pada harddisk komputer atau laptop. 

Tool CHKDSK akan otomatis memperbaiki masalah yang ditemukan dan akan memberitahu kalian bila ternyata ada masalah besar sehingga tidak bisa diperbaiki menggunakan tool CHKDSK.

Untuk memeriksa kesehatan harddisk menggunakan tool windows CHKDSK, berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka File Explore, lalu klik kanan pada drive yang akan diperiksa untuk menampilkan menu pintas (shortcut menus) kemudian pilih Properties.
  1. Di kotak dialog (drive) Properties yang muncul, pastikan berada di tab Alat. Kemudian klik tombol Periksa yang ada di bagian Pemeriksaan Kesalahan.
  1. Di jendela Pemeriksaan Kesehatan (drive) yang muncul, klik Pindai drive.
  1. Tunggu beberapa saat hingga tool mengecek kesehatan harddisk.
  1. Selesai. Windows akan memberitahu bila terjadi kesalahan pada harddisk. 

2. Cek Kesehatan Harddisk Melalui CMD

Pengecekan harddisk juga dapat dilakukan melalui CMD (Command Prompt). Command prompt bisa mengecek kondisi hardisk dan melihat apakah hardisk dalam kondisi baik atau tidak.

Perintah pada CMD ini menggunakan fitur S.MA.R.T (Self-Monitoring, Analysis and Reporting Technology) untuk melihat status hardisk dengan memberikan kesimpulan sederhana. 

 Langkah 1: buka CMD 

  • Langkah pertama ketikan “CMD” di layar pencarian Windows, untuk membuka CMD. Setelah itu klik Enter, maka kalian akan masuk ke layar Command Prompt.

Langkah 2 masukan perintah 

  • Selanjutnya kamu bisa mengetikan perintah “wmic diskdrive get status”, lalu Enter.

Langkah 3 cek kondisi harddisk

  • Jika kondisi tidak mengalami masalah, akan muncul status OK. Status tersebut akan muncul tergantung dari jumlah hard drive di perangkat.
  • Sedangkan jika status “Pred Fail”, berarti fitur S.M.A.R.T mengalami kegagalan atau eror. Untuk itu, kalian harus segera melakukan perbaikan dan back-up data yang ada di harddisk.

Itu tadi langkah-langkah pengecekan kesehatan laptop atau PC tanpa menggunakan bantuan aplikasi apapun. Namun kalau kurang yakin dengan tool bawaan Windows, kalian bisa menggunakan aplikasi sebagai alat pendukung. Kelebihannya antarmuka lebih mudah dan bisa menampilkan kondisi detail tentang kesehatan harddisk. 

Ada beberapa aplikasi yang bisa kalian gunakan untuk mengecek kondisi kesehatan harddisk, yang paling banyak digunakan adalah Acronis Drive Monitor dan Hard Disk Sentinel. Namun jika kalian adalah tipe orang tidak mau ribet dan takut akan kerusakan, maka kami sarankan meminta bantuan seorang ahli. 

Demikian paparan tentang cara yang dapat digunakan untuk mengecek kesehatan harddisk. silakan dicoba pada harddisk kalian. Oh iya, kalau ingin mengoptimalkan kinerja PC, kalian bisa upgrade ke penyimpanan SSD. Bagi yang belum tahu apa itu SSD, kalian bisa baca penjelasan detailnya di artikel yang berjudul apa itu SSD

Leave a Reply