rekomendasi aplikasi edit foto terbaik PC

Aplikasi Edit Foto PC Terbaik

Bagi seorang designer grafis, photografer maupun kamu yang menyukai bidang fotografi pemula, tentu tidak bisa lepas dari aplikasi edit foto.

Adanya aplikasi tersebut, memenuhi berbagai kebutuhan edit foto kamu menjadi mudah. Ada kalanya hasil foto maupun gambar membutuhkan beberapa sentuhan editing untuk menyempurnakannya.

Ada banyak sekali aplikasi edit foto berkualitas yang tersedia untuk PC dan laptop. Sebagian pasti sudah familiar, seperti misalnya Adobe Photoshop.

Mulai dari menggabungkan foto hingga mengedit foto level profesional, semuanya bisa dilakukan.

Berikut ini daftar aplikasi edit foto terbaik untuk PC dan laptop berdasarkan rekomendasi dari situs teknologi terupdate gawainesia.com.

Adobe Photoshop СС

Adobe Photoshop СС

Adobe Photoshop CC merupakan salah satu aplikasi besutan Adobe Creative Cloud. Sejak seri CS hingga sekarang menjadi seri CC, Adobe Photoshop tetap menjadi pilihan utama dalam hal editing foto.

Berbeda dengan seri CS, Adobe Photoshop CC mewajibkan kamu untuk membayar biaya langganan tahunan atau bulanan. Banyak kelebihan yang dihadirkan Adobe Photoshop CC, salah satu yang terpenting yaitu terkoneksi dengan penyimpanan cloud.

Adobe Photoshop mempunyai banyak fitur penting untuk mendukung aktifitas editing foto seperti image retouching, image restoration, color correction dan digital drawing.

Beberapa fungsi atau tools dari Adobe Photoshop memang akan membingungkan buat pemula. Tapi, sebagai aplikasi edit foto yang terkenal, tentu kamu tidak akan kesulitan mencari tutorial penggunaannya di blog atau youtube.

Adobe Lightroom CC

Adobe Lightroom CC

Aplikasi edit foto PC yang selanjutnya masih keluaran Adobe, yaitu Lightroom CC.  Software edit foto yang satu ini juga berada pada jaringan cloud storage, sehingga dapat diakses di manapun dan kapanpun.

Pada aplikasi yang satu ini ada berbagai kategori foto, sehingga akan semakin memudahkan kamu untuk menggunakannya. Nantinya, berbagai foto yang telah kamu edit dan telah kamu unggah ini akan dikategorikan secara otomatis oleh AI.

Adobe Lightroom dan Adobe Photoshop keduanya saling melengkapi. Adobe Lightroom lebih baik dari segi Collor Correction. Kamu juga bisa melakukan bulk edit di Adobe Lightroom, berbeda dengan Photoshop yang harus membuka tiap foto satu per satu.

Ada banyak preset yang bisa kamu gunakan untuk mengubah tone warna dari foto kamu.

Bagi fotografer profesional, wajib hukumnya menguasai Adobe Lightroom. Menurut survey, 90% fotografer profesional di Amerika lebih menyukai menggunakan Adobe Lightroom ketimbang Adobe Photoshop untuk mengedit hasil foto mereka.

ACDSee Photo Studio

ACDSee Photo Studio

Aplikasi ini bisa melakukan edit gambar atau manipulasi gambar. Tetapi jangan khawatir, karena aplikasi ini telah dirancang dengan sederhana dan simpel.

ACDSee Photo Studio cocok digunakan oleh fotografer semi profesional. ACDSee Photo Studio memiliki banyak fitur pendukung editing foto dan bisa juga melakukan batch editing.

Dari segi harga, ACDSee Photo Studio masih terbilang lebih mahal ketimbang paket bundle Adobe Photoshop CC dan Adobe Lightoom Classic CC.

ACDSee Photo Studio juga tersedia untuk versi Android dan iOS.

DxO PhotoLab

DxO PhotoLab

Aplikasi edit foto berbasis PC yang satu ini, memiliki setidaknya tiga versi saat ini. DxO PhotoLab merupakan salah satu aplikasi edit foto terbaik.

Ada beberapa alasan mengapa sebaiknya kamu menggunakan aplikasi edit yang satu ini, antara lain yaitu:

  • Interface yang mudah dipahami.
  • Strukturnya yang tanpa katalog serta pencarian keyword, sehingga sangat mudah digunakan.
  • Terdapat modul optik untuk kamera dan lensa kamu.
  • Mendukung format foto yang berformatkan RAW.
  • Membuat layer, Ini cocok bagi kamu yang ingin edit background.
  • DxO color wheel untuk membuat penambahan HSL.
  • Manajemen detail untuk membuat detail foto kamu sangat baik.
  • DxO Smart Lighting untuk mengatur pencahayaan.
  • Mengekspor gambar.
  • Gratis untuk 30 hari pertama.

Corel PaintShop Pro

Corel PaintShop Pro

Meskipun aplikasi ini berbayar, tetapi layak untuk kamu coba. Hal ini disebabkan kelengkapan fitur yang menyertainya.

Di sini kamu dapat menyesuaikan parameter foto kamu sembari menerapkan berbagai efek yang membuat tampilan foto kamu menjadi semakin bagus.

Bukan hanya mengedit foto dengan cara sederhana seperti menggabungkan foto saja, aplikasi yang satu ini lebih dari itu.

Corel PaintShop Pro adalah aplikasi bagi kamu yang merupakan orang yang ingin menjadi profesional di bidang foto dan editing.

Corel PaintShop Pro ini menggunakan sistem pengolahan 64-bit dan membuat pengerjaan editing kamu menjadi semakin cepat.

Meskipun memiliki banyak kelebihan, sedikit kekurangan dari aplikasi ini adalah hanya beroperasi pada sistem komputer Windows dan belum pada macOS.

CyberLink PhotoDirector

CyberLink PhotoDirector

Aplikasi edit foto keluaran Cyberlink ini sangat canggih. Ini merupakan software level pro yang bisa memungkinkan kamu mengirimkan gambar dari kamera langsung ke Cyberlink photo editor.

Banyak sekali tools yang bisa kamu gunakan. Di sini kamu juga bisa mengedit layer, brightness, correction, dan lain sebagainya.

Meskipun aplikasi ini berbayar, tetapi setara dengan kualitas yang akan kamu dapatkan. Kamu hanya perlu membayar sekali untuk lisensi dan aplikasi di PC kamu ini akan menjadi milikmu selamanya.

Kamu bisa mengedit foto layaknya seorang yang profesional dengan aplikasi Cyberlink PhotoDirector ini. Menakjubkan bukan?

Skylum Luminar 4

Skylum Luminar 4

Aplikasi ini memiliki tampilan yang luar biasa. Bagaimana tidak, ketika membuka aplikasi ini, maka kamu akan terkagum dengan interface yang mudah, fresh, dan juga organisasi gambar yang gampang.

Selain itu, berbagai tools tersedia dengan rapi dan mudah untuk dicari. Ada beberapa kelebihan yang akan kamu dapatkan, jika kamu menggunakan Skylum Luminar 4 ini, antara lain:

  • Katalog gambar yang terintegrasi.
  • Pengeditan yang dilakukan tidak akan merusak gambar atau kualitas gambar.
  • AI Sky Replacement.
  • Aplikasi ini termasuk versi plug-in

Meskipun banyak kelebihan, ternyata aplikasi Skylum Luminar 4 juga memiliki kekurangan. Kekurangannya antara lain:

  • Interface yang ada sangat berubah drastis dari versi Luminar 3.
  • Dapat dikatakan hasilnya kurang halus.
  • Masih belum terdapat salinan virtualnya.

Capture One Pro

Capture One Pro

Ini merupakan aplikasi edit foto yang support terhadap PC kamu, baik yang berupa windows maupun macOS. Aplikasi yang satu ini mampu mengedit foto dengan format RAW sekalipun.

Dikatakan demikian karena seorang yang berprofesi sebagai photografer arsitektur, maka akan menerima banyak manfaat atas hadirnya aplikasi yang satu ini.

Untuk aplikasi edit foto PC Capture One Pro ini berbayar ya. Meskipun begitu, kamu akan mendapatkan manfaat yang luar biasa atas berbagai fitur yang tersedia di aplikasi satu ini.

Affinity Photo

Affinity Photo

Ini merupakan aplikasi edit foto yang serupa dengan Photoshop, dan sangat cocok  bagi kamu yang merupakan desainer pemula.

Pembuat aplikasi ini mengklaim bahwa aplikasi Affinity Photo bukan bermaksud untuk menyaingi Photoshop. Sebaliknya, aplikasi ini adalah aplikasi yang sangat up to date dalam mengikuti zaman.

Gimp

Gimp

Rekomendasi software edit foto terakhir untuk kamu adalah Gimp. Ini merupakan aplikasi untuk mengedit gambar dan foto yang dilengkapi dengan berbagai tools yang akan memudahkan kamu.

Di bawah ini merupakan beberapa kelebihan yang dimiliki oleh aplikasi Gimp yang antara lain adalah sebagai berikut:

  • Aplikasi Gimp sangat ringan, sehingga tidak membebani PC kamu.
  • Dapat support untuk berbagai jenis seperti Mac OS, Linux, Windows, dan lain lain.
  • Simple, sehingga kamu akan lebih mudah untuk mengoperasikan Gimp.
  • Dapat mendukung berbagai format file yang ada.
  • Tidak berbayar, alias gratis dan juga mudah untuk diunduh.
  • Sifat dari aplikasi yang satu ini adalah open source, alias bisa terus dikembangkan oleh siapapun.

Tidak hanya satu, tetapi sepuluh aplikasi edit foto PC yang bisa kamu gunakan. Kini kamu bisa mendapatkan foto layaknya seorang profesional. Selamat mencoba editing fotomu ya!

 

Leave a Reply