Amalan-Agar-Urusannya-Dimudahkan-Oleh-Allah

Amalan Agar Dimudahkan Urusannya Oleh Allah

Allah adalah Dzat Penguasa Langit dan Bumi yang patut disembah. Sebagai seorang hamba, sudah sepatutnya kita menjalankan perintah dan menjauhi larangan Allah. Semua rezeki dan berkah datang dari Allah semata. Allah lah yang mampu mempermudah segala urusan yang kita hadapi di dunia ini.

Tidak jarang manusia mengeluh karena merasa urusan yang dialaminya begitu menyusahkan kehidupannya. Banyak yang menyerah. Tidak jarang pula yang menggunakan jalan pintas demi mendapatkan penyelesaian yang tidak melelahkan. Namun, semua itu bukanlah kriteria hamba yang beriman.

Ada banyak amalan yang bisa dilakukan agar urusan kita dipermudah oleh Allah. Silahkan simak ulasannya berikut ini.

6 Amalan Agar Urusan Dipermudah Oleh Allah

Segala urusan yang kita jalani di kehidupan sehari-hari memang tidak selalu lancar. Cobaan kadang datang silih berganti. Urusan yang kita jalani kadang berjalan dengan tidak sesuai dengan yang kita harapkan. Berikut beberapa hal yang bisa Anda coba agar urusan selalu dipermudah oleh Allah.

1. Istighfar

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan senantiasa beristighfar memohon ampunan kepada Allah. Allah akan memberikan jalan keluar tentang segala masalah hidup yang dialami oleh hamba yang senang beristighfar. Kalimat istighfar juga akan menambah dan membukakan pintu rezeki seorang hamba.

Hal tersebut sesuai dengan hadis Rasulullah bahwa Allah akan memberikan jalan keluar bagi orang yang beristighfar atas kesedihan yang dialaminya, melapangkan rezekinya, dan memberikan rezeki yang tidak disangka-sangka. Maka, senantiasalah melantunkan istighfar agar urusan kita dipermudah oleh Allah.

2. Rajin Berdoa Kepada Allah

Allah adalah Dzat yang Maha Mengabulkan segala doa hambanya. Ketika Anda sedang merasa kesulitan, maka berdoalah kepada Allah dengan tulus dan ikhlas.

Niscaya, Allah akan memberikan petunjuk kepada Hambanya. Hal tersebut sesuai dengan firman Allah dalam Qur’an Surat Al Kahfi Ayat 10. Allah akan memberikan rahmat dan petunjuk yang lurus kepada para hambanya.

3. Tidak Menunda Pekerjaan

Menunda-nunda pekerjaan adalah salah satu ciri dari orang yang malas. Banyak orang yang tidak melakukan pekerjaannya sebelum pekerjaan tersebut benar-benar harus dilakukan. Ini akan membuat dirinya merasa kesulitan ketika pekerjaan tersebut sudah benar-benar harus dilakukan.

Penyakit menunda-nunda pekerjaan adalah penyakit yang paling sering dialami oleh manusia. Oleh karena itu, usahakanlah untuk tidak pernah menunda-nunda pekerjaan.

Lakukan pekerjaan Anda dengan rileks dan santai jauh-jauh hari. Jadi, Anda tidak akan merasa kelimpungan sendiri ketika pekerjaan tersebut harus benar-benar diselesaikan.

4. Mengerjakan Sholat 5 Waktu

Sholat adalah tiang agama. Sholat juga merupakan rukun islam yang harus dilakukan oleh seluruh umat islam. Wajib hukumnya bagi setiap muslim yang sudah baligh melakukan sholat. Dalam satu hari satu malam, seorang muslim wajib melaksanakan sholat 5 waktu.

Sholat merupakan salah satu ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah. Setiap bacaan sholat yang dilantunkan adalah bacaan-bacaan doa kepada Allah. Allah akan mempermudah urusan hambanya yang rajin melaksanakan sholat dengan tepat wkatu.

Sholat menjadi jalan bagi setiap hamba untuk berkomunikasi dengan Dzat yang menciptakannya. Jika kita bisa berkomunikasi dengan baik kepada Allah, maka niscaya Allah akan mempermudah urusan kita.

5. Bersedekah

Siapa bilang jika kita bersedekah maka harta kita akan berkurang?

Justru dengan melakukan sedekah, harta kita akan dilipatgandakan oleh Allah.

Rasulullah bersabda bahwa hamba yang paling dicintai Allah adalah hamba yang rajin bersedekah dan berguna bagi mahluk sesamanya. Allah akan memberikan kegembiraan dan jalan keluar bagi hamba-hambanya yang rajin melakukan sedekah.

Bersedekah tidak harus dilakukan dengan menyumbangkan harta yang banyak. Anda bisa menyedekahkan ilmu, tenaga, maupun uang yang dimiliki. Contohnya melunasi hutang orang lain, memberikan makanan bagi orang lain yang sedang kelaparan, memberikan santunan kepada fakir miskin.

6. Jangan Putus Asa

Orang yang berputus asa tidak disukai oleh Allah. Setiap permasalahan yang kita hadapi di dunia ini pasti ada jalan keluarnya. Allah selalu memberikan jalan keluar pada hambanya yang mau berusaha.

Jangan pernah berputus asa tentang permasalahan yang dihadapi. Teruslah bersemangat meminta pertolongan Allah, maka Allah pun akan memberikan jalan keluar.

Sekali lagi, tidak ada masalah yang tidak bisa diselesaikan jika Anda meminta Allah untuk membantu Anda. Jangan pernah berputus asa. Ada Allah di setiap langkah-langkah kita.

Simak dan baca : Kumpulan Doa Agar Pintar

Demikian ulasan tentang amalan-amalan agar urusannya dipermudah oleh Allah yang dapat Anda lakukan. Selama Anda menjalankan perintah dan larangan-Nya, maka Allah akan mempermudah dan melancarkan urusan Anda.

Leave a Reply